Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Konsulat-Jenderal Australia di Bali mempererat kolaborasi dan pertukaran budaya dan seni antara musisi Australia dan Indonesia dengan mengadakan Lokakarya Musik bagi Pelajar Tuna Netra di Yayasan Pendidikan Dria Raba, Denpasar bersama musisi jazz Julian Banks dari Australia dan musisi Kendang Sunda Indonesia, Cepi Kusmiadi pada hari Jumat, (18/8/2017).

Dalam lokakarya ini, Julian Banks bersama Cepi Kusmiadi memperkenalkan kolaborasi music jazz modern Australia dengan perkusi tradisional Indonesia dan mempertunjukkan beberapa karya musik yang telah mereka hasilkan.

Para pelajar juga diajak berdiskusi mengenai penggabungan musik modern dan tradisional serta mencoba memainkan dan mengenali suara-suara yang dihasilkan dari berbagai alat musik.

Konsul-Jenderal Australia di Bali, Dr Helena Studdert menyampaikan penghargaannya atas kesediaan para musisi menyempatkan waktu dalam tur mereka untuk secara sukarela bekerja bersama para siswa. ‘Kolaborasi artistik seperti ini mencerminkan hubungan budaya dan orang-ke-orang yang dekat dan sudah berlangsung lama antara Australia dan Indonesia, khususnya di Bali,’ tambah Dr Studdert.

Baca Juga :  Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

Ketua Yayasan Pendidikan Dria Raba, Ibu Dayu Pradyani sangat mengapresiasi pelaksanaan lokakarya musik ini. ‘Pendengaran anak-anak tuna netra sangat peka akan musik, jadi pelaksanaan lokakarya yang memperkenalkan siswa kami dengan berbagai alat musik yang dapat dikolaborasikan sangat tepat sasaran,’ kata Ibu Dayu Pradyani.

‘Ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi siswa dan kami berterimakasih atas kepercayaan yang sudah diberikan Konsulat-Jenderal Australia untuk bekerjasama menyelenggarakan kegiatan ini,’ tambahnya.

Sekitar 30 siswa dan pengajar Yayasan Pendidikan Dria Raba turut berpartisipasi dalam lokakarya yang berlangsung sekitar dua jam dan diakhiri dengan bermain dan berimprovisasi musik bersama.

Melalui program Bantuan Langsung (Direct Aid Program), Konsulat-Jenderal Australia memberikan bantuan bagi Yayasan Pendidikan Dria Raba untuk melengkapi dan perbaikan fasilitas serta peralatan musik di sekolah yang dikelola oleh yayasan.

Untuk informasi mengenai program dan kegiatan Konsulat-Jenderal Australia lainnya di Bali dan NTB, ikuti @KonJenBali di twitter. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News