Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pembangunan Bali harus berkeadilan dan merata, hal ini sesuai amanat Undang-Undang Dasar dan peraturan-peraturan yang ada. Pemerintah harus membangun daerahnya untuk mensejahterakan seluruh masyarakatnya berdasarkan keadilan dan pemerataan maka wajib hukumnya pemerintah daerah Bali juga melaksanakan pembangunan seperti itu.

Hal ini diungkap Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta usai melepas Gerak Jalan Sehat yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72 dalam program “BUMN hadir untuk Negeri” di Lapangan Kantor ITDC Nusa Dua, Rabu (16/8/2017).

Baca Juga :  Galaxy AI Segera Hadir di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

“Sekarang kan pembangunan numplek di Bali Selatan sehingga perlu kita ratakan, cara meratakannya bangun infrastrukturnya,” kata Sudikerta. Kondisi saat ini pembangunan dirasakan belum merata. Di wilayah Bali Selatan pembangunan pariwisata sangat pesat, disisi lain Bali Utara masih belum tersentuh dengan maksimal.

“Sekarang pariwisata numplek di Bali Selatan, ayo kita bawa ke Bali Utara,” tegas Sudikerta.

Sudikerta menjelaskan, saat ini terjadi pergeseran tujuan pariwisata. Wisatawan yang singgah di Bali, memiliki kecenderungan bergeser ke Lombok dan Banyuwangi. “Wisatawan eksodus setiap hari lima ribu orang ke pulau lain. Apa kita mau kehilangan (kesempatan) seperti itu? Saya kira tidak, maka solusinya adalah kita seimbangkan pembangunan ini,” jelasnya.

Kedepan, Program Bali Mandara akan terus dilanjutkan, utamanya untuk menyeimbangkan pembangunan. Terdapat enam rencana besar pembangunan tersebut yaitu Bandara Bali Utara, Jalan Tol, Pengembangan Stadion Internasional Ngurah Rai, Pembangunan Kereta Api, pengembangan industri pariwisata di Buleleng Barat, dan Penataan Pura Besakih.

Baca Juga :  Pembalap Muda Binaan Honda Ayumu Iwasa Akan Tampil Perdana di Sesi Latihan Bebas F1 Grand Prix Jepang 2024

Tahap pembangunan program-program tersebut, khususnya jalan tol sepanjang 170 kilometer sudah dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED). “Mudah-mudahan, astungkara, segera terwujud semua itu, sehingga terjadi keadilan bagi masyarakat Bali,” harapnya. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News