Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung melaksanakan Apel Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Kopral I Wayan Surem Blahkiuh, Senin (14/8/2017).

Selaku pembina upacara Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung. Wabup. Suiasa menekankan, bahwa HUT Pramuka ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi dan kontemplasi. Apel HUT Pramuka diikuti para Kakak pembina pramuka dan adik-adik pramuka dari siswa SD, SMP dan SMA kwartir ranting Abiansemal.

Melalui peringatan Hari Pramuka tahun 2017 ini, Suiasa mengajak seluruh masyarakat khususnya pramuka di Kabupaten Badung untuk introspeksi dan berkontemplasi tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka mengibarkan panji-panji dan semangat nilai kehormatan pramuka.

“Dari introspeksi dan kontemplasi itu kami ajak untuk memikirkan apa yang sepatutnya diperbuat dimasa depan, sehingga kepramukaan benar-benar dapat mewujudnyatakan nilai-nilai kehormatan dan dapat dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, ” jelasnya.

Baca Juga :  Mendarat di Bali, Timnas Wanita U-17 Thailand Genapi 8 Tim Kontestan AFC U-17 Women's Asian Cup 2024

Ditambahkan, dalam introspeksi ini, langkah yang akan dilakukan dengan meningkatkan konsolidasi dan pembinaan internal pramuka untuk menyiapkan mereka sebagai andalan, dan kader bangsa. Strategi yang dilakukan dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang sebagian besar diarahkan di ranting kecamatan. Guna meningkatkan kehadiran pramuka di masyarakat, akan dimaksimalkan kegiatan Satuan Karya (Saka) yang didalamnya mencakup pengabdian sosial kepada masyarakat.

“Implementasi kegiatan Saka ini nanti pramuka bersinergi dengan SKPD. Seperti dalam penanganan bencana, bersinergi dengan BPBD maupun Pemadam Kebakaran Badung. Kami ingin peran pramuka dapat dirasakan ditengah-tengah masyarakat. Sehingga usuran ke dalam semakin prima dan urusan ke luar kita semakin optimal, ” tambahnya.

Baca Juga :  BLINC, Bawa Terobosan Baru dalam Penanganan Stroke di Indonesia

Wabup. Suiasa juga berpesan kepada Pramuka Badung harus menjadi kader-kader dan anak bangsa yang siap menjadi garda terdepan menyukseskan visi dan misi Bapak Presiden RI yaitu revolusi mental. Dalam revolusi mental, ada tiga pilar yang harus dilaksanakan yakni integritas, memperkuat dan memperteguh disiplin dan menjaga etos kerja.

“Pramuka harus jadi garda terdepan dalam mengawal dan mengamankan revolusi mental dengan mengajegkan tiga pilar ini, ” tegasnya.

Dalam peringatan Hari Pramuka yang mengambil tema “Gerakan Pramuka bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa” ini, Wabup. Suiasa menyerahkan piagam penghargaan dasa pramuka kepada empat orang yang berjasa dalam pembinaan dan perkembangan gerakan pramuka di badung.

Baca Juga :  Konsisten Berdayakan Penyandang Disabilitas, PLN Raih Penghargaan Bergengsi CNN Indonesia Awards

Diakhiri peringatan, ditampilkan atraksi pramuka seperti atraksi senam pramuka dari ratusan adik-adik siaga pramuka kwartir ranting Abiansemal, atraksi sepeda tandu dalam membantu penanganan bencana dari adik-adik pramuka penggalang SMPN 3 Abiansemal, dan atraksi dari kakak penegak SMAN 1 Abiansemal.(humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News