Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pekenan Lais Meseluk sebagai wahana dalam memperkenalkan potensi lokal masyarakat di tingkat Kecamatan se-Kota Denpasar yang rutin digelar setiap tahun. Kali ini pada Jumat malam (7/7/2017) Pekenan Lais Meseluk Kecamatan Denpasar Selatan dipusatkan di Lapangan Pica, Sanur dibuka secara resmi Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra ditandai dengan pemukulan Gong dan pengguntingan pita.

Acara ini juga dirangakain dengan Sanur Fiesta yang digagas bersama Pemerintah Desa Sanur Kaja bersama Karang Taruna Asta Dharma Sanur yang tampak dihadiri tokoh masyarakat Sanur. Disamping itu juga tampak hadiri Wakil Ketua TP PKK Denpasar Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharmawanita Persatuan Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara serta pimpinan OPD terkait Pemkot Denpasar.

Disamping menyuguhkan potensi ekonomi masyarakat Sanur Kaja, seperti kuliner, kerajinan, hingga kreatifitas seni yakni Bapang Barong juga disuguhkan berbagai hiburan dari artis pop Bali dan lawakan Sengap CS. Tampak pula dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra menyerahkan bantuan sembako dan Kartu Indonesia Sehat kepada masyarakat kurang mampu di Kecamatan Denpasar Selatan.

“Pekenana Lais Meseluk dan Sanur Fiest sebagai program pemberdayaan Usaha Kecil Menengah  (UKM) dan ekonomi kreatif di tingkat kecamatan,” ujar Rai Mantra.

Baca Juga :  Indonesia Ultimate Golf Series Digeber Mulai April, Ini Tempat Bermainnya

Lebih lanjut dikatakan dari pelaksanan Pekenanan Lais Meseluk ini juga melibatkan pemerintahan desa dan karang taruna lewat pemberdayaan masyarakat. Program ini juga mendorong dari segi ekonomi kreatif yang ada serta menunjukan unsur budaya yang ada di desa setempat.

“Kita menginginkan adanya potensi UKM yang ada di desa yang dilaksanakan pihak kecamatan seperti saat ini dilaksanakan Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan,” ujarnya.

Bendesa Adat Sanur I.B Paramartha mengatakan pelaksanaan Sanur Fiesta dan Pekenan Lais Meseluk Densel ini juga berkaitan dengan persiapan Karang Taruna Asta Dharma Desa Sanur yang akan mewakili Bali dalam lomba Karang Taruna Tingkat Nasional. Pelaksanaan Pekenan Lais Meseluk selama tiga hari dari tanggal 7-9 Juli mendatang, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dan seni budaya masyarakat Sanur.

“30 Pedagang terlibat dari kuliner, kain, alat-alat upacara dan kerajinan serta juga menyerahkan bantuan sembako kepada Rumah Tangga Miskin di Densel serta juga menggelar pemeriksanaan kesehatan gratis,” ujarnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Asta Dharma Desa Sanur I Wayan Agus Sarwatama mengatakan konsep acara mengusung harmonisasi Pancasila dalam seni budaya sebagai pemersatu bangsa yang harus kita jaga bersama.

Acara ini juga berkaitan dengan persiapan Karang Taruna Asta Dharma untuk maju dalam seleksi karang taruna berprestasi tingkat Nasional. Disamping melaksanakan kegiatan seni budaya, pihaknya juga melaksanakan penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sebagai tugas utama kita dalam oragnisasi sosial.

Baca Juga :  15 Sales People Terbaik Astra Motor Bali Berkesempatan Tour ke Malaysia

“Kami memiliki program terobosan “HSR” Human Sosial Reponsibility yang mengajak PKK Desa Sanur Kaja sebagai pilot projek kami,” ujarnya. (pur/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :