BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati I Ketut Suiasa paparkan evaluasi program pembangunan Kabupaten Badung Semester I Tahun 2017 di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali Renon Denpasar, Selasa (25/7/2017) kemarin.

Bupati Giri Prasta dalam kesempatan tersebut memaparkan tentang program unggulan strategis pemerintah Kabupaten Badung yang tertuang dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang terdiri dari pangan, sandang dan papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan ketenagakerjaan; seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata.

Lebih lanjut Giri Prasta menekankan, sesuai dengan sila ke 5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, untuk itu pemerintah kabupaten badung mempunyai tanggung jawab moral untuk membantu 6 kabupaten di Bali seperti Singaraja, Bangli, Karangasem, Klungkung, Tabanan dan Jembrana dalam bentuk penyerahan penyisihan Pajak Hotel dan Restoran guna mendukung kepariwisataan disana.

Baca Juga :  Seorang Residivis Asal Pegayaman Berhasil Dibekuk Polisi

“Selain pembagian PHR, pemerintah Kabupaten Badung di tahun 2018 juga siap membantu 6 kabupaten di bali dengan 2.000 bedah rumah dengan total biaya sebesar Rp. 100 milyar,” ungkap Giri Prasta disambut tepuk tangan paserta yang hadir.

Dana Rp 100 M tersebut akan diberikan secara proporsional sesuai dengan penyumbang angka kemiskinan terbanyak. “Kami contohkan, dengan dana Rp 50 juta dilakukan bedah rumah yang dilengkapi dua kamar tidur, satu ruang tamu, ruang bebas, kamar mandi dan dapur. Ini PPNSB yang bertahap dan targetnya jelas,” imbuh Bupati.

Geburnur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan apresiasi atas apa yang disampaikan Bupati Badung terutama kesiapan Badung membantu bedah rumah sebanyak 2.000 rumah. ”Inilah bukti riil kabupaten terkaya di Bali, membantu kabupaten lainnya untuk ikut membantu dan bekerjasama menurunkan angka kemiskinan dengan meneruskan dana PHR ke 6 kabupaten. Dana ini agar lebih fokus untuk menurunkan angka kemiskinan ,” tegas Gubernur.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Nyekah dan Mapetik Massal di Desa Adat Pelaga

Rapat kerja evalyasi program pembangunan semester I tahun 2017 dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Bali Putu Astawa yang dilanjutkan dengan penaparan program pembangunan provinsi bali semester I tahun 2017. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :