BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Dalam rangka meningkatkan kualitas, kompetensi dan kinerja personel Polri, diperlukan manajemen SDM yang transparan, akuntabel, profesional, bermoral, dan modern. Salah satu manajemen SDM Polri adalah dengan melaksanakan pendidikan & pelatihan.

Menyikapi hal tersebut, Kepolisian Daerah Bali menyelenggarakan pelatihan bagi personel Polri, bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Singaraja, Senin (3/7/2017). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Polri Polda Bali dalam menunjang pelaksanaan tugas dilapangan.

Ka SPN Singaraja Kombes Pol. Jefri Yanus Endolemba Torunde, S.I.K. mengatakan pelaksanaan pelatihan berlangsung selama lima hari yaitu dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 8 Juli 2017. Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada para peserta adalah pelatihan Intelijen, Forensik, Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelatihan Perencanaan Anggaran.

Mantan Kapolres Karangasem ini menambahkan, para peserta pelatihan mendapatkan materi dari tenaga pendidik yang memiliki keahlian dibidangnya, dengan materi pelajaran meliputi 20% teori dan 80% praktek. “Dengan pola ini, para peserta pelatihan akan lebih cepat menguasai materi yang dilatihkan. Sehingga, usai mengikuti pelatihan dihararapkan para peserta dapat menguasai materi dan dapat mengaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dilapangan,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Kalabfor) Cabang Denpasar Kombes Pol. Ir. Koesnadi, M.Si. turun langsung untuk memberikan praktek olah TKP. Kalabfor juga mengajarkan tentang cara mencari unsur mikro barang bukti (micro evidence) pada suatu TKP pembunuhan, karena akan menghubungkan rantai antara korban (victim), pelaku (suspect) dan TKP serta barang bukti (physical evidence) itu sendiri. “Dengan cara ini, dari satu TKP kita bisa mengungkap selain pelaku juga beberapa jenis kejahatan yang terlibat,” imbuhnya. (binaw/humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

loading...