Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG  – Pemerintah Kabupaten Badung menggelar sosialisasi program katalog elektronik daerah. Sosialisasi ini menghadirkan perwakilan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI yakni Kasubdit Pengelolaan Katalog LKPP Dwi Satrianto. Sosialisasi dibuka Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, di Puspem Badung, Jumat (28/7/2017).

Sosialisasi tersebut dihadiri Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Perwakilan BPK RI Provinsi Bali, Perwakilan BPKP RI Provinsi Bali, Ketua Komisi II DPRD Badung, Ketua LPJK Provinsi Bali, para asosiasi pekerja konstruksi di wilayah bali serta para asisten, staf ahli dan kepala perangkat daerah dilingkungan Pemkab Badung.

Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Adi Arnawa menyampaikan terima kasih atas sosialisasi katalog elektronik daerah yang diberikan oleh perwakilan LKPP kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten badung dan juga kepada penyedia barang/jasa yang bergerak dibidang pekerjaan konstruksi. Dijelakan bahwa bapak Presiden RI telah mengeluarkan Instruksi Presiden No.1 tahun 2015 tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. Instruksi Presiden tersebut ditindaklanjuti dengan MoU Pemkab. Badung dengan LKPP.

Program ini diluncurkan dengan menunjuk 5 (lima) daerah sebagai percontohan, yakni dua provinsi, dua pemerintah kota dan satu kabupaten. Badung menjadi satu-satunya daerah percontohan program katalog elektronik di Indonesia. Keseriusan Badung dalam mewujudkan pengadaan yang efesien, efektif dan transparan diwujudkan dengan mengusulkan 27 item pekerjaan sub konstruksi kepada LKPP RI.

Baca Juga :  Maybank Bali Marathon 2018 Siap Digelar

“Besar harapan kami dengan terlaksananya katalog elektronik daerah bermanfaat bagi kita semua, kita dapat melaksanakan pengadaan yang lebih cepat dan dapat memilih penyedia barang/jasa sesuai harga pasar terbaik, dengan kualitas sesuai kebutuhan,” tambahnya.

Khusus bagi Pemkab Badung program ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah serta penyerapan APBD menjadi lebih cepat sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sedangkan disisi penyedia lokal, program ini dapat meningkatkan kesempatan untuk bersaing secara sehat dan sebagai sarana mempromosikan produk serta dapat membuka peluang usaha melalui penayangan produk.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Badung Dewa Made Apramana selaku Ketua Tim Katalog Elektronik Daerah Kabupaten Badung melaporkan, diawali penandatanganan MoU antara Bupati Badung dengan Kepala LKPP RI dan selanjutnya Pemkab Badung melalui Keputusan Bupati membentuk Tim Katalog Elektronik Daerah pada 10 April 2017. Dalam melaksanakan tugasnya tim ini didampingi tenaga dari Millennium Challenge Account-Indonesia.

Langkah-langkah yang telah dilakukan diantaranya; mendampingi Bupati menerima Kepala LKPP RI guna memonitoring kerjasama yang telah dibangun, bersama Dinas PUPR serta Dinas PRKP melakukan rapat koordinasi guna lebih merinci item pekerjaan dan spesifikasi teknisnya, untuk barang/jasa yang akan dikatalogkan. Telah pula study komparasi ke Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta guna melihat langsung Program Katalog Daerah yang telah berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Menteri Susi Pudjiastuti: Laut Masa Depan Indonesia

Pemkab Badung melalui Dinas PRKP akan mengusulkan 27 item pekerjaan ke LKPP, dimana usulan ini telah dikaji oleh ULP. Setalah usulan ini mendapat persetujuan LKPP, selanjutnya Tim Katalog akan mulai proses pelelangan.

“Dalam proses pelelangan ini besar harapan kami dapat didampingi oleh Tim TP4D Kejari Denpasar, BPK RI perwakilan bali dan BPKP,” jelasnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :