Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan dana hibah sebesar 1 M untuk pembangunan Pura Maospahit, Banjar Adat Canggu, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Jumat (30/6/2017).

“Kami akan tuntaskan, dari biaya yang dihabiskan sekitar 2,9 M labih, saat ini kami baru serahkan 1 M, sisanya akan dianggarkan di anggaran perubahan tahun 2017 sebesar 1,9 M melalui bantuan BKK,” tegas Bupati Giri Prasta.

Penyerahan hibah tersebut dihadiri Anggota DPRD Badung Gede Arianto, Camat Kuta Utara A.A. Arimbawa, Perbekel Canggu Nengah Lana, Bendesa Adat Canggu Nyoman Sujapa, Kelian Banjar Dinas lan Adat, serta Krama dan Sekaa Teruna Banjar Adat Canggu.

Ketua Panitia I Wayan Winaya didampingi Kelian Pura I Nengah Sudarsana menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Badung beserta DPRD Badung atas bantuan dana hibah untuk pembangunan di Pura Maospahit, Banjar Canggu. Dana 1 Milyar ini akan digunakan untuk pembangunan kori agung, tembok penyengker, padmasana, meru, semua pelinggih, bale gong, bale panjang, bale peselang dan bale kulkul. Selain bantuan hibah 1 M, krama banjar adat Canggu, sebagai pengempon sebanyak 280 KK telah melakukan urunan masing-masing sebesar 5 juta dan terkumpul 1,4 M. Namun pembangunan ini rencananya menghabiskan biaya sebesar 2,9 M lebih.

Baca Juga :  Optimalisasi Alur Perjalanan Domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai

“Kami di banjar Canggu mengempon 12 pura, dan untuk tahun 2018 berencana memperbaiki Pura Puseh. Untuk itu mohon Bapak Bupati mendukung pembangunan tersebut,” harapnya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan komitmennya untuk mendukung pembangunan di masyarakat terlebih pembangunan di pura khayangan tiga maupun paibon.

 “Urusan pembangunan seni, adat, agama dan budaya kami Pemkab Budung sudah berkomitmen dan siap mendukung. Karena kami menyadari bahwa banyak waktu masyarakat habis di adat termasuk banyak dana habis di adat. Untuk itu pemerintah selalu hadir ditengah-tengah masyarkat untuk membantu pembangunan baik fisik maupun non fisik,” terangnya.

Giri Prasta juga mengharapkan pembangunan Pura Maospahit dapat berjalan dengan baik, dan pada saat pujawali selesai pembangunan ini Pemerintah juga siap membantu untuk upakaranya. Dibagian lainnya, Bupati juga menargetkan akan melakukan penataan disepanjang pantai Canggu, dan memprioritaskan masyarakat Canggu untuk berusaha disana sehingga perekonomian masyarakat mampu meningkat. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News