Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Gelaran Pitik Kite Festival 2017 oleh Sekaa Teruna Setia Remaja Banjar Pitik Pedungan dari tanggal 1 Juli sampai 2 Juli 2017, pada Jumat (7/7/2017) telah menetapkan pemenang.

Penyerahan piala bergilir  dilakukan Wakil Walikota I GN Jaya Negara didampingi Camat Denpasar Selatan A.A Gde Risnawan di Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar. Rare Angon Sekaa Layangan “Alu Muani, Mas Ubud berhasil sebagai juara dalam kategori Bebean Dewasa dan Rare Angon “Tangsi Sanur” sebagai juara kategori Janggan Dewasa. Kedua sekaa layangan ini berhak atas Piala Bergilir Walikota Cup Pitik Kite Festival.

Ketua Panitia Putu Adi Purnama Putra mengatakan Lomba layang-layang di Carik Abasan Sari dalam ajang “Pitik Kite Festival ke-7” tahun ini diikuti sekitar  1.025 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan tradisi Rare Angon melayangan.

Disamping itu meningkatkan kreativitas pemuda, membangkitkan semangat sportivitas dalam berkompetisi dan menjaga serta melestarikan uma carik atau sawah Bali khusunya di Carik Abasan Sari Banjar Pitik Pedungan sebagai subak kerdung yang masih aktif hingga saat ini.

Baca Juga :  Tampilkan Konsep Karesian, Baleganjur Telung Barung Duta Kota Denpasar Pukau Penonton PKB XLIV

Lebih lanjut dikatakan tahun ini perlombaan dibagi kedalam tujuh kategori. Yakni katagori layangan Bebean Dewasa, Bebean Anak-anak, Bebean Big Size, Janggan Dewasa, Kreasi, Janggan Buntut dan Kategori Pecukan Dewasa.

Pemenang masing-masing kategori bebean dewasa diraih sekaa layangan Alu Muani, ketegori bebean anak diraih sekaa layangan Panji Kumara. Sementara kategori bebean big size diraih sekaa layangan Sekha Demen 456, sekaa layangan Tangsi Sanur di katagori janggan dewasa, sekaa layangan Creative Kite di katagori layangan kreasi, sekaa layangan Cucun Granyam di katagori janggan buntut dan sekaa layangan Palem Jimbaran di katagori layangan pecukan dewasa.

Baca Juga :  Penyadaran Berbahasa Bali Dalam Keluarga Sangatlah Penting

Selain penyerahan piala lomba layang-layang pada kesempatan ini juga diserahkan hadiah kepada 10 orang pemenang lomba foto selfie yang berlatarkan kegiatan Pitik kite Festival ke-7.

Sementara Wakil Walikota  I.G.N Jaya Negara mengatakan kegiatan perlombaan layang-layang sebagai ajang kreativitas bagi para penggemar layang-layang. Sehingga Pemkot Denpasar sangat mendukung kegiatan kreatif layang-layang tidak hanya dalam memperebutkan pengahrgaan namun juga meningkatkan rasa kekompakan dalam berkreatifitas dilingkungan anak muda.

Jaya Negara menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang yang diharapkan setiap tahunnya dapat terus meningkatkan kekompakan dan kreatifitas Rare Angon Bali. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :