Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG  – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri HUT ke-32 Sekaa Teruna Teruni (STT) Bhina Karya dan Pengukuhan Pengurus STT Bhina Karya periode 2017 – 2020, Br Jempinis, Desa Pererenan, Kec Mengwi, Sabtu (1/7/2017) lalu.

Pada kesempatan itu Bupati didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Muspika Kec. mengwi,  Plh. Perbekel Pererenan Ketut Gede Sasmita, Bendesa Adat Pererenen Ketut Sukerasena, Kelian Dinas se-Desa Pererenan dan tokoh masyarakat.

Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa Sekaa Teruna merupakan garda terdepan dalam pembangunan. Untuk itu Giri Prasta mengajak Sekaa Teruna Bhina Karya berperan aktif memajukan pembangunan di Banjar, Desa maupun di kabupaten Badung dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif,salah satunya dalam upaya pelestarian seni budaya.

Giri prasta juga menyampaikan Pemkab Badung telah menetapkan Program Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Semesta artinya meyeluruh, berencana artinya terpola. Dengan lima sekala prioritas pembangunan yakni pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, agama adat dan budaya jaminan sosial dan tenaga kerjaa serta pariwisata.

Baca Juga :  Apresiasi Usaha Pelindungan Bahasa Bali oleh Balai Bahasa, Sekda Dewa Indra Sebut Pemprov Bali Komit Menjaga Bahasa Bali

Khusus untuk masyarakat Pererenan, Bupati akan membantu perbaikan wantilan Pura Dalem Desa Adat Pererenan dan membantu STT Bhina Karya seperangkat gambelan angklung. Bupati Badung juga berkomitmen memperhatikan pelaku seni, seniman di badung, dengan membangun panggung budaya di puspem untuk tempat pertunjukan pelaku seni, seniman terbaik di Badung.

Dibagian lainnya, untuk pembangunan di desa dan desa adat,  Bupati mengambil kebijakan untuk menuntaskan pembangunan Pura Khayangan tiga dan para pemangku khayangan tiga di seluruh desa adat mulai tahun 2018 akan diberi gaji. Sebagai daerah tujuan wisata, wilayah pesisir Pererenan akan ditata dan telah disiapkan anggaran di tahun 2018 sebeaar Rp 25 M.

Baca Juga :  Dies Natalis Ke-46 Politeknik Pariwisata Bali, Ajak Semua Civitas Perkuat Kebersamaan

“Kami bersama DPRD Badung memiliki komitmen untuk menjaga dan melindungi kawasan pantai yang ada di kab badung. Mengingat fungsi pantai selain memiliki fungsi sosial dan ekonomis, pantai juga memiliki fungsi spiritual sehingga mempunyai nilai suci dan sakral. Pemkab. Badung senantiasa mendukung dan siap memfasilitasi pendataan pantai agar kawasan pantai tetap terjaga dan asri,” tegasnya.

Pada puncak acara HUT tersebut diisi pemotongan tumpeng oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta diserahkan kepada Ketua STT Bhina Karya, Putu Yudhi Stiawan. Bupati juga menyerahkan punia Rp 12 juta sekaa teruna. Ketua STT Bhina Karya Putu Yudhi Stiawan melaporkan, jumlah STT Bhina Karya sebanyak 122 orang terdiri dari 77 laki laki dan 55 perempuan.

Baca Juga :  Buka Bimtek Aplikasi SRIKANDI, Sekda Dewa Indra Apresiasi Pemutakhiran Tata Kelola Bidang Kearsipan

Dalam melaksanakan hut ke-32 dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya jalan santai keliling desa adat Pererenan, gotong royong kebersihan di sekitar banjar lingkungan Jempinis dan bersih-bersih di areal pura khayangan tiga. Sumber dana untuk pelaksanaan hut ini berasal dari urunan dan kas STT Bhina Karya serta sumbangan dari krama Banjar Jempinis. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News