Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung Giri Prasta secara resmi membuka Jalan Sehat dan Bhakti Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bina Usada Bali yang ditandai dengan pemotongan pita di halaman balai serbaguna Desa Belok Sidan Kecamatan Petang, Minggu (9/7/2017).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Badung Giri Prasta juga menyerahkan bantuan dana sebesar Rp. 30 juta  kepada panitia STIKES Bina Usada Bali. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Camat (Sekcam) Petang Gede Eka Sudarwitha, Ketua STIKES Bina Usada Putu Santika, LPM Desa Belok Sidan I Wayan Dawin, Bendesa Adat Sidan Made Wirta, Bendesa Adat Bon Wayan Widana.

Bupati Badung Giri Prasta memberikan apresiasi kepada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bina Usada Bali yang sudah memilih Desa Belok Sidan sebagai tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi Program Studi Ners STIKES Usada Bali.

“Kegiatan STIKES di Desa Belok Sidan ini merupakan bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana para mahasiswa  STIKES ini  dapat melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan serta Pengaddian Masyarakat di Desa belok Sidan dan saya harapkan para mahasiswa yang ada didesa ini dapat membantu masyarakat disini terkait kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Pimpin Gerakan Serentak Penanaman Pohon di Munggu

Lebih lanjut dikatakan Pemerintah Kabupaten Badung sangat konsen dengan masalah kesehatan karena kesehatan itu merupakan modal dasar dalam melaksanakan pembangunan. Kabupaten Badung sudah menggerakkan kesehatan mulai dari tingkat banjar dimana ada 545 banjar dengan pelayanan  posyandu serta ditiap Kecamatan di Badung didukung dengan puskesmas pembantu dan  puskesmas induk dengan jam operasional 24 jam.

”Puskesmas induk ini  akan menjadi filter bagi krama Badung yang sakit,  jika tidak bisa ditangani baru di rujuk ke RS Mangusada. Disamping itu pula ada ambulan desa dengan perawat dan bidannya . Kedepannya kami akan bekerja sama dengan BPPOM untuk mengecek makanan yang kadaluarsa dan mengandung bahan pengawet di masing-masing kecamatan,” paparnya.

Baca Juga :  1.477 Peserta Meriahkan Denfest Color Run 5 K

Ditambahkan pula di tahun 2018 akan terbangun jaringan internet dari ujung utara dan ujung selatan Badung. “Sehingga kedepannya dapat terwujud e-Health untuk mendukung pelayanan kesehatan di Kabupaten Badung. Kartu e-Health ini akan berisi data krama Badung lengkap dengan diagnose penyakitnya sehingga tidak diperlukan antre lama-lama untuk mengurus administrasi dan diagnosa sakit pasien akan langsung dapat dibaca di tempat melakukan pengobatan tersebut,” tambah Giri Prasta.

Sementara itu Ketua STIKES Bina Usada Bali dr. I Putu Santika mengatakan kegiatan Jalan Sehat dan Bhakti Lingkungan STIKES Bina Usada Bali di Desa belok Sidan ini merupakan serangkaian Praktek Keperawatan Komunitas Mahasiswa Ners STIKES Bina Usada Bali yang dilaksanakan mulai 7 Juni 2017 sampai 29 Juli 2017 dan diikuti 47 orang.

Baca Juga :  Polres Badung Kembali Gelar Rapid Test Gratis

Dalam kegiatan ini Pihak STIKES Bina Usada Bali juga menyerahkan bantuan berupa sejumlah tempat sampah yang diterima langsung Bupati Badung Giri Prasta untuk ditempatjkan di seputaran Desa Belok Sidan. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :