Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – SMP PGRI 5 Denpasar dinilai tim lomba sekolah sehat tingkat Kota Denpasar, Senin (5/6/2017). Tim penilai langsung diterima Kepala SMP PGRI 5 Denpasar, Dr. Wayan Wirasa, M.M., beserta para guru.

Hadir di acara itu, Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra serta Ketua Kota YPLP PGRI Denpasar, Drs. Nengah Madiadnyana, M.M.

Menariknya saat penilaian itu juga ditampilkan pameran makanan dari olahan tumbuhan obat. Salah satunya loloh kunyit dan kencur yang merupakan hasil olahan siswa.

Kepala SMP PGRI 5 Denpasar, Wayan Wirasa, mengatakan UKS adalah salah satu wadah untuk menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat sedini mungkin bagi anak didik di sekolah dan masyarakat. Makanya, Trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat diaplikasi betul di sekolah ini secara terpadu, sadar, terencana, terarah dan bertanggungjawab.

Baca Juga :  Lebih Dari 100 Motor Penuhi Halaman Polres Tabanan

Wayan Wirasa yang meraih gelar doktor bidang pendidikan menyadari benar bahwa kunci utama PBM berkualitas ada di tangan guru yang sehat. Karena itu, kebersihan dan kesehatan adalah nomor satu, dan berikutnya terus berkreasi dan berinovasi dalam mengajar. Dengan demikian siswa mendapat pelayanan berkualitas untuk menghasilkan mutu lulusan berkualitas.

Terbukti sekolah ini sukses dua kali menjuarai lomba gerak jalan Puputan Badung, juara umum Porsenijar YPLP PGRI, juara I lomba KSPAN tingkat Kota Denpasar, juara III lomba KSPAN tingkat Provinsi Bali, serta yang teranyar juara III Porjar Kota Denpasar dengan 21 emas, 18 perak dan 29 perunggu.

Untuk penilaian ini, pihaknya telah mempersiapkan diri agar bisa menampilkan yang terbaik. Termasuk juga dari sarana dan prasarana, toga dan UKS. Selain itu pihaknya juga mendapat pembinaan dari Tim UKS Kecamatan Denpasar Utara.

Selain itu pihaknya selalu memberikan pembinaan kepada semua siswa agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

Untuk meningkatkan kesehatan pihaknya sangat memperhatikan kebersihan kantin, maka dari itu pihaknya menugaskan tenaga khusus dan diberikan pembinaan terkait menyiapkan makan sehat. Sedangkan untuk menerapkan gaya hidup sehat bagi semua siswa pihaknya memberikan pembinaan setiap hari Senin usai Upacara Bendera.

Tidak hanya itu, setiap kegiatan apapun pihaknya juga menyelipkan pembinaan kepada semua siswa agar hidup sehat salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Pihaknya juga membentuk dokter kecil, polisi kelas yang menjaga kebersihan sekolah dan keamanan sekolah. Termasuk setiap Jumat diadakan gerakan kebersihan lingkungan.

Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra mengatakan, SMP PGRI 5 Denpasar sudah menunjukkan prestasi luar biasa. Ia berharap, SMP PGRI 5 Denpasar bisa mewakili Kota Denpasar dalam lomba UKS tingkat Provinsi Bali.

Baca Juga :  8 Warga Terjaring Operasi Yustisi Pencegahan Covid-19 di Wilayah Kintamani

Semangat siswa SMP PGRI 5 Denpasar mengikuti Lomba Sekolah Sehat ini mendapat apresiasi dari Ketua Kota YPLP PGRI Denpasar, Nengah Madiadnyana. Menurutnya semangat siswa SMP PGRI 5 Denpasar sangat luar biasa. Tidak hanya itu dalam lomba sekolah sehat ini, SMP Wisata Sanur tetap melestarikan seni budaya Bali dan lingkungan.

Ia menyebut, sekolah sehat tidak bisa dilihat dari luar saja. Secara pribadi Nengah Madiadnyana pantas mendapat juara I karena kebersihannya dapat dilihat secara langsung. Selain itu semua siswa sangat bersemangat dalam mengikuti lomba ini. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :