Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, POLDA BALI – Unit Jatanras yang tergabung dalam Satgas II Tindak Ops Pekat Agung Polda Bali berhasil mengamankan pelaku pungutan liar (pungli) yang dilakukan salah satu anggota Ormas terbesar di Bali . Pelaku tersebut berinisial HMP (23) yang merupakan warga Banjar Lebak, Dalung, Kuta. HMP ditangkap oleh petugas di Jalan Dalung Permai, Kamis (1/6/2017) sekitar pukul 15.00 wita.

Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. mengatakan dilakukannya penangkapan terhadap HMP, setelah personel Unit Jatanras yang tergabung dalam Satgas II Tindak Ops Pekat Agung Polda Bali mendapat telepon dari pedagang mie, yang menyampaikan bahwa di seputaran Dalung telah terjadi pungli yang dilakukan oleh salah satu anggota ormas dengan ciri-ciri berbadan tinggi besar dan mengendarai sepeda motor Yamaha sport warna hitam tanpa plat nomor polisi.

Baca Juga :  WHDI Badung Gelar Sosialisasi Pendidikan Pra-Nikah

Mendapat informasi tersebut anggota langsung menuju lokasi untuk melakukan pencarian. Dengan berbekal ciri-ciri tersebut, petugas berhasil menemukan HMP. Ketika melintas di Jalan Raya Dalung, petugas langsung menangkap HMP tanpa perlawanan. “Petugas melakukan penggeledahan, dari tangan HMP petugas mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp. 200 ribu, di dapat dari empat tempat yang sudah dimintai uang,” ujar mantan Kabag Binkar Biro SDM Polda Bali ini.

HMP mengakui sudah melakukan pungli sejak dua bulan lalu. Selain meminta uang kepada ke pedagang mie, ia juga memungut uang ke counter HP, toko baju dan toko lainnya. Setiap toko atau pedagang diminta uang Rp. 50 ribu. HMP melakukan pungli seorang diri, alasannya karena diintimidasi oleh korlapnya berinisial GS alias DS. Uang hasil pungutan tersebut akan dibagi dua dengan korlapnya.

Baca Juga :  Di Bali, SMK PGRI 3 Denpasar Dipercaya Jadi LSP

“Dalam kasus ini jangan dilihat dari besar atau kecilnya hasil tangkapan, tapi lebih ke arah kehadiran pemerintah khususnya Polri dalam menindaklanjuti setiap keresahan yang terjadi dan langsung menyentuh pada masyarakat paling bawah. Saat ini pelaku dan barang bukti, sudah diamankan di Polda Bali dan HMP sedang dilakukan pemeriksaan untuk menelusuri pelaku lain yang turut terlibat,” terang perwira melati dua di pundak ini. (binaw/humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :