Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan dengan hari Tilem Sasih Sadha, para pengempon Pura Pengubengan Besakih terlihat serentak mengikuti  UpacaraNegtegang Karya, yang merupakan salah satu rentetan dari Karya Prayascita Bumi, Giri Kertih, Wana Kertih, Segara Kertih Lan Purnama Kasa, Jumat Sukra Wage Uye (23/6/2017).

Upacara ini di hadiri  langsung oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di dampingi Kabag Kesra Kota Denpasar I Gst Ngurah Mataram, yang pada kesempatan ini ngaturang punia (meyerahkan bantuan) berupa seperangkat alat-alat gambelan gong kebyar lengkap kepada Sekaa Gong Dharma Negara Pura Pengubengan Besakih dan dipelaspas langsung Walikota Rai Mantra dengan membunyikan kempur sebagai tanda suara gong telah bisa digunakan.

Baca Juga :  Tren Kasus Penyalahgunaan Narkoba di Bali Terus Menurun

Dimana Pura Pengubengan ini merupakan salah satu pura yang di empon  oleh Pemerintah Kota Denpasar, dan Pura paling tinggi diantara pura lainya yang ada di Besakih. Yang mana Pura Pengubengan ini berdiri pelinggih Pesamuhan Bhatara Kabeh sebelum Bhatara Turun Kabeh di Penataran Agung. Dan pelinggih pokok Meru Tumpang 11 di samping Balegong, Bale Pelik, Piyasan.

Kabag Kesra Kota Denpasar I Gst Ngurah Mataram mengatakan, Upacara Karya Prayascita Bumi, Giri Kertih, Wana Kertih, Segara Kertih Lan Purnama Kasa Pura Pengubengan Besakih puncak karyanya akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2017 mendatang, dimana mengawali upacara ini akan diadakan upacara-upacara pengawit seperti upacara pakelem di Kawah Gunung Agung yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni, sehari sebelum puncak karya.

Baca Juga :  Raih Doktor Usai Teliti Kualitas Pengelihatan Pasien Pseudofakia

Selain itu Pemkot Denpasar juga menyumbangkan seperangakat gong kebyar guna mensukseskan karya Giri Kertih, Wana Kertih, Segara Kertih Pura Pengubangan ini dan diharapkan juga untuk memanfaatkan gambelan ini, Bapak Walikota Meminta agar para pengempon membentuk sebuah sanggar agar pelestarian budaya tetap berlangsung di pura ini. Serta diharapkan juga kepada para OPD dilingkungan Pemkot Denpasar semuanya untuk bisa hadir Ngaturang Bhakti Penganyar, supaya jagat ini aman, nyaman dan sentosa.

Sementara Pemangku Pura Pengubengan Jro Mangku Nyoman Artawan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kota Denpasar, khususnya Bapak Walikota atas semua perhatian yang telah diberikan kepada Pura Pengubengan Besakih dari awal dibangunnya pura sampai saat ini.

Baca Juga :  Siap Jadi Trendsetter Kawula Muda, Astra Motor Bali Akan Luncurkan All New Honda Scoopy Secara Virtual

“Saya sangat berterimakasih atas perhatian yang begitu tulus dan banyak kepada Pura Pengubengan Besakih ini, apa lagi sekarang kami di berikan seperangakat gambelan lengkap, ini akan membuat suasana pura semakin sacral dan kental akan tradisi budaya dan mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widi Wasa memberkati kita semua”, ungkapnya. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :