Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengapresiasi Sekolah Al-Izhar menyelenggarakan acara Gelar Pamit Misi Budaya dalam rangka mengikuti dua acara seni dan budaya antarbangsa yaitu Llangollen Dance Competition (3 – 9 Juli 2017) di Wales, Inggris, dan Festival Le Mondial des Cultures de Drummondville (7 – 15 Juli) 2017 di Woodyatt Park, Drummondville, Quebec, Kanada.

Acara Gelar Pamit menampilkan tarian-tarian dan kesenian yang akan dipersembahkan oleh siswa-siswi Al-Izhar yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut berlangsung Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar.

Misi Budaya Al-Izhar adalah kegiatan ekstrakurikuler kesenian tradisional di lingkungan Sekolah Al-Izhar, merupakan wadah gagasan kreatif yang bertujuan menciptakan ruang dialog seni dan budaya serta bagian dari program pengembangan budaya Indonesia. Misi Budaya Al-Izhar bertujuan untuk memperkenalkan, mempromosikan dan melestarikan seni dan budaya Indonesia dalam bentuk tarian tradisional, musik tradisional dan makanan khas kepada generasi muda internasional.

Kelak para generasi muda yang berasal dari berbagai negara dapat mengenal, turut menghormati serta mencintai budaya Indonesia dan bersama-sama melestarikan seni dan budaya masing-masing negara.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Pimpin Krida Bersama di Abiansemal

Arniyani Arifin, Ketua Yayasan Anakku mengatakan, “Al-Izhar ingin melahirkan generasi beriman, mandiri, kreatif, dan nasionalis agar mereka dapat berkarya sebagai bagian dari warga dunia, namun tetap bangga sebagai orang Indonesia dan berbudaya Indonesia. Atas dasar nilai-nilai di atas, kami percaya bahwa salah satu cara untuk mencapai tujuan yang mulia tersebut, siswa-siswi sekolah Al-Izhar harus terus didorong untuk mengetahui, belajar, mempraktikkan, dan menunjukkan kepada dunia keragaman budaya dan seni Indonesia melalui misi budaya.

“Kami merasa terhormat, karena tahun ini Misi Budaya Al-Izhar didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Dalam perjalanannya, Misi Budaya Al-Izhar telah mendapat kepercayaan dari berbagai pihak untuk mewakili Indonesia di kancah pertunjukan seni dan budaya Internasional. Siswa-siswi Al-Izhar kerap tampil di berbagai ajang dan festival dunia, seperti di Perancis, Kanada, Turki, Bulgaria, Amerika Serikat, Spanyol, Polandia, Inggris, dan Hungaria. Pada keikutsertaan kali ini, beberapa tarian akan ditampilkan antara lain: Tari Kembang Kipas, Tari Rapa’i Geleng, Tari Pesta Rakyat Minang, Tari Topeng, Tari Selamat Datang, Tari Indang, dan Tari Tandok.

Menurut Arniyani Arifin, dalam rangka peringatan hari jadi ke-30 tahun ini, yang mengusung tema Al-Izhar Untuk Indonesia. tampilnya siswa-siswi Al-Izhar di Llangollen dan Drummondville merupakan momentum yang tepat. “Kami bersyukur karena dapat secara konsisten memelihara keragaman budaya Indonesia, sekaligus memperkenalkan dan mempromosikannya. Semoga program Misi Budaya ini dapat terus dilakukan dan menjadikan Al-Izhar lebih balk dalam membangun kecintaan pada Indonesia,” tutup Arniyani.

Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara menyatakan Kemenpar mendukung dan menyambut baik program misi budaya Sekolah Al-Izhar dalam upaya pelestarian serta menjaga keberlangsungan nilai-nilai budaya dan seni tradisional. “Pengembangan budaya tradisional melalui kegiatan ekstra kulikuler kesenian di sekolah-sekolah merupakan bagian integral membangun karakter bangsa di usia dini, dan dapat memberikan multi manfaat bagi tumbuh dan berkembangnya nilai-nilai budaya.

Baca Juga :  Cadangan Beras Aman, Gubernur Pastika Minta Ada Transparansi Bantuan

“Mari tunjukkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia kaya akan keberagaman seni budaya dan destinasi pariwisata melalui misi budaya. Gaungkan branding Wonderful Indonesia untuk menarik minat kunjungan wisatawan asing ke seluruh pelosok nusantara,” pesan Ukus Kuswara pada acara gelar pamit misi budaya Sekolah Al-Izhar di kantor Kementerian Pariwisata, Sabtu (10/6/2017). (*/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :