Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Sudah  menjadi tradisi bahwa libur Lebaran selalu dimanfaatkan untuk mudik atau pulang kampung dari dan ke berbagai daerah. Jakarta sebagai ibu kota pun terkena imbasnya. Salah satunya jalanan yang lebih lengang daripada biasanya.

Meskipun diperkirakan sekitar 40 persen warga Jakarta tetap berada di Ibukota, bukan berarti kita tak bisa menikmati masa liburan. “Ada beberapa destinasi wisata yang bisa menjadi alternatif bagi kita untuk berwisata dan memanfaatkan libur lebaran di ibukota, yang tidak pulang kampung, masih bisa berwisata di DKI Jakarta, ini destinasi andalannya,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, seperti dilansir dari laman resmi Kemenpar.

  1. Kawasan Kota Tua

Bagi yang tertarik pada sejarah, seni, serta arsitektur peninggalan masa lalu, Kawasan Kota Tua bisa menjadi alternatif. Tak hanya wisata Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah, Kawasan Kota Tua yang terhampar mulai dari pesisir Pelabuhan Sunda Kelapa hingga pusat perekonomian di kawasan Glodok bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik bagi kita dan keluarga.

  1. Taman Margasatwa Ragunan (TMR)

Ingin berwisata dengan buah hati sambil menambah wawasan seputar satwa? Anda bisa mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan (TMR) yang tetap buka selama libur lebaran, bahkan buka lebih pagi yakni pukul 06.00 pada Hari Raya Idul Fitri, Minggu (25/6).

  1. Kepulauan Seribu
Baca Juga :  Booth UMK Binaan PLN Tawarkan Berbagai Produk Khas Daerah di INACRAFT 2024

Kepulauan Seribu sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas yang dicanangkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya memiliki berbagai keindahan alam yang tak ada habisnya bisa menjadi alternatif bagi kita yang ingin melepas penat dan jenuh dari rutinitas di kota. Dijelaskan oleh Dodi Riadi Darwis, PIC Pokja Percepatan Destinasi Prioritas Kepulauan Seribu dan Kota Tua Kemenpar, pada libur Lebaran ini ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 70 ribu orang merata di pulau pemukiman maupun pulau resort, mulai dari Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan masih banyak pulau lainnya yang menjadi favorit baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII akan menjadi destinasi wisata sekaligus mengingatkan kita akan indahnya kekayaan budaya dan sejarah Indonesia.  Khusus menyambut libur Lebaran 1438 H ini, TMII menggelar pertunjukan bertajuk “Lepas Rindu Kampoeng Halaman” yang dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan hiburan kesenian nusantara.

  1. Jakarta Fair Kemayoran 2017

Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan salah satu event yang banyak ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Digelar dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta ke-490, PRJ 2017 menghadirkan berbagai acara hiburan dan pameran dari sekitar 1500 perusahaan berbagai industri dan produk.

  1. Taman Impian Jaya Ancol

Jangan lewatkan juga berbagai atraksi dan program khusus yang telah disiapkan oleh Taman Impian Jaya Ancol dalam rangka menyambut libur Lebaran 2017 ini. Berbagai fasilitas seperti pantai, taman, berbagai wahana di Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudera, dan masih banyak lainnya bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kepenatan.

  1. Hutan Mangrove PIK

Bagi Anda yang ingin bersantai, berjalan-jalan, atau bersepeda sambil menikmati hijaunya pohon bakau, Hutan Mangrove PIK yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara bisa menjadi alternatif bagi para pengunjung yang ingin menikmati nuansa hijau di tengah kota.

  1. Monumen Nasional

Karena letaknya yang strategis yakni di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Monumen Nasional (Monas) menjadi salah satu objek wisata favorit. Pengunjung bisa memperoleh berbagai pengetahuan tentang sejarah Indonesia melalui berbagai macam relief, serta menikmati pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas. Namun catat ya, Monas akan tutup di hari kedua Lebaran yaitu Senin (26/6) karena bertepatan dengan jadwal perawatan rutin.

  1. KidZania
Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Hadiri Rakornas Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang HBKN

Ingin mengajak anak untuk berwisata sekaligus mengedukasi? KidZania Jakarta bisa menjadi pilihan bagi kita. Tetap buka selama Hari Lebaran yaitu pukul 15.00-20.00 pada Minggu (25/6) dan 09.00-14.00 dan 15.00-20.00 pada Senin 26/6), theme park khusus anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan ini akan menjadi momen liburan yang tak dilupakan bagi anak-anak.

  1. Taman Menteng

Ingin menikmati asrinya pepohonan di tengah kota tanpa harus menguras kocek? Taman Menteng bisa menjadi solusinya, lo. Tak hanya menyediakan jogging track yang bisa kita manfaatkan untuk berolahraga, kita juga bisa memanfaatkan fasilitas free Wi-fi yang tersedia. Selain itu, kita juga bisa berfoto dan menikmati suasana kebersamaan yang nyaman di taman yang terletak di Jakarta Pusat ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengajak kita, meskipun sedang tidak mudik dan tetap tinggal di Jakarta selama libur Lebaran ini, tetap posting foto-foto seru dengan hashtag #MudikPenuhPesona. “Jika mendapati destinasi daerah yang bagus, silahkan pergunakan hashtag #WisataJalurMudik,” tuturnya. (*/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News