Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BALI – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. beserta Pejabat Utama Polda Bali melaksanakan safari ramadhan dengan Pejabat Utama Mabes Polri dan Ulama se-Provinsi Bali, bertempat di Gedung Kemala Hikmah Polda Bali, Kamis (8/6/2017). Kedatangan Tim Safari Ramadhan Mabes Polri ini dipimpin oleh Asrena Kapolri Irjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, M.Hum.

Dalam sambutannya, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengucapkan selamat datang kepada Asrena Polri dan rombongan yang telah mengadakan kegiatan safari ramadhan di pulau dewata. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan Polri dengan para tokoh agama dan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam menguatkan kejayaan serta persatuan NKRI.

Provinsi Bali merupakan salah satu daerah mayoritas penduduknya beragama Hindu, namun setiap pelaksanaan ibadah puasa, dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif. Hal itu tidak terlepas dari adanya rasa toleransi, saling menghormati, saling menghargai antar umat beragama.

“Terima kasih kepada seluruh umat yang telah ikut menjaga kerukunan umat beragama di Bali., sehingga ibadah puasa dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Baca Juga :  Inovasi Asuransi Kesehatan Digital dari Avrist Assurance untuk Generasi Milenial

Jenderal bintang dua di pundak ini menambahkan, kondisi Bangsa Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan. Di era globalisasi seperti sekarang ini, masyarakat sudah mulai mengesampingkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, saling menjatuhkan, saling memfitnah dan adu domba, sehingga sangat rentan merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kepedulian dan kebersamaan suatu bangsa merupakan faktor kunci keberhasilan suatu negara dalam melaksanakan pembangunan. Cita-cita bangsa yang besar hanya dapat dicapai dengan cara bekerja dan membangun di semua bidang, sesuai dengan semboyan Negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Sementara Irjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, M.Hum. menyampaikan,  kedatangan Tim Safari Ramadhan ke Pulau Bali bahkan ke seluruh provinsi di Indonesia, merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri. Safari Ramadhan bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi, semakin banyak melaksanakan silaturahmi semakin baik hubungan antar sesama umat beragama, semakin menambah rejeki, pahala dan keimanan.

Dilaksanakannya safari ramadhan, berkaitan erat dengan perkembangan situasi yang ada saat ini yaitu masalah intoleransi dan radikalisme. Paham ini masih berkembang dalam situasi Bangsa Indonesia yang kaya akan keberagaman dan kebhinekaan. “Untuk mencegahnya, memerlukan semangat, spirit, dan kekuatan bersama sehingga Bangsa Indonesia tetap utuh dan menjadi lebih baik bahkan sejahtera, sebagaimana amanah para pejuang kita,” tegas Asrena Kapolri Irjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, M.Hum.

Sedangkan Ketua Umum MUI Provinsi Bali H. Taufik Ashadi dalam tausyahnya menyampaikan, saat melaksanakan ibadah puasa, umat muslim hendaknya berinstropeksi diri dengan melihat perjalanan hidup yang sudah dijalani, karena setiap manusia di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Diharapkan dengan adanya kekurangan dan kelebihan itu, manusia akan bisa saling menghargai, menghormati dan menyayangi meskipun hidup berada dalam perbedaan. Apapun agama, suku dan ras manusia itu, semua adalah ciptaan Tuhan.

Baca Juga :  KMHDI Tabanan Gelar Seminar Kebangsaan

“Mari menjadi manusia yang bermanfaat, mampu merawat negeri dan bisa membela negara dengan ikut menjaga ketertiban dunia. Sebelum menertibkan bangsa dan negara, mulailah dengan menertibkan diri sendiri,” imbau H. Taufik Ashadi.

Kegiatan safari ramadhan ini juga dihadiri oleh Karolemtala Srena Polri  Brigjen Pol. Drs. Syamsul Sidiq, M.Hum., Karotekinfo Divisi TIK Polri Brigjen Pol. Drs. Moch. Syahrir, Kabag Monev Rolemtala Srena Polri AKBP Agus Santosa, S.H., S.I.K., Gerakan Pemuda Ansor, Perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) dan Perwakilan Muhammadyah. (binaw/humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :