Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, POLDA BALI – Banyaknya ditemukan security yang tidak mengantongi sertifikat kualifikasi satuan pengamanan (satpam) saat dilakukan razia Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Agung Polda Bali disejumlah tempat hiburan malam, karaoke dan diskotik di wilayah Denpasar, langsung ditindaklanjuti secara cepat oleh manajemen yang mempekerjakan security tersebut.

Hal ini terbukti, saat Direktorat Binmas Polda Bali memberangkatkan 23 orang security ke Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Singaraja untuk mengikuti pendidikan dasar Satpam, Kamis (1/6/2017), sekitar pukul 09.30 wita.

Para security yang bekerja di Diskotik Akasaka, New Star, Red Carpet, Boshe, Double Six, Lavatela, ViAiPi, Engine Room dan Platinum ini akan mengikuti pendidikan selama 25 hari. Para pelatih akan memberikan materi tentang Pembinaan Kepribadian, Pengetahuan dan Keterampilan, Perundang-Undangan, Kesamaptaan dan Praktek Lapangan. Materi pembinaan kepribadian meliputi etika profesi, tugas pokok, fungsi dan peranan satpam.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Sosialisasi Penataan Pantai Sanur

Sedangkan materi pengetahuan dan keterampilan terdiri dari kemampuan kepolisian terbatas, beladiri, pengetahuan tentang narkotika, penggunaan tongkat Polri dan borgol, pengetahuan peraturan baris-berbaris dan penghormatan, pengetahuan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan, pengetahuan dasar komunikasi radio dan peralatan security, pengaturan, penjagaan, patroli dan pengawalan, penangkapan dan penggeledahan. Sebelum diberangkatkan secara bersama-sama, para security ini berkumpul di halaman belakang Mapolda Bali untuk mendapat arahan terkait proses pendidikan yang akan dilaksanakan.

Kasubdit Pembinaan Satpam / Polsus Direktorat Binmas Polda Bali AKBP Dra. Herini dalam arahannya menjelaskan, proses pendidikan akan berlangsung singkat. Diharapkan para security bisa memanfaatkan waktu ini untuk meningkatkan kemampuannya sebagai petugas pengamanan yang lebih profesional. Perwira melati dua dipundak ini meminta, apa yang menjadi perintah dan petunjuk para pelatih agar diikuti dan peraturan di lembaga pendidikan harus ditaati untuk melatih kedisiplinan.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gandeng Mahasiswa, Berbagi Pesan Keselamatan Berkendara #Cari_Aman

“Sesuai dengan program yang ada, Polda Bali menggelar pendidikan berupa pelatihan satpam sebanyak satu kali dalam setahun. Bagi mereka yang belum melaksanakan agar segera mengikuti latihan satpam pada program berikutnya. Program ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan,” tegas perwira murah senyum ini. (binaw/humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :