Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menegaskan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak saja membangkitkan kecerdasan intelektual, tetapi membangun karakter yang sesuai dengan karakter bangsa dan budaya Bali.

“Karekter yang saling menghormati antara satu dengan yang lainnya, menghargai suatu perbedaan fisik, mental, sosial, dan juga ekonomi,” tegas Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutan yang dibacakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. Wayan Sukana, saat membuka Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi tingkat Kota Denpasar 2017 di TK Negeri Pembina (Gugus PAUD Mawar Denpasar Utara), Jumat (26/5/2017).

Baca Juga :  Wabup Suiasa : Laksanakan Yadnya dengan Tulus Ikhlas

Hadir di acara itu, Ketua GOP TKI Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara, serta Bunda PAUD Kecamatan.

Lebih lanjut Walikota Rai Mantra mengatakan, PAUD dan guru-guru PAUD memiliki peran penting dalam membangun karakter anak sejak usia dini. Membangun karakter dimulai dengan menanamkan hidup disiplin dan mengatur tata perilaku dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak-anak lebih mengerti etika dan sopan santun.

Lomba Gugus PAUD, kata Walikota, merupakan media yang tepat untuk peningkatan mutu pengelolaan dan peningkatan kompetensi guru PAUD. Lomba ini merupakan salah satu cara meningkatkan mutu PAUD sampai ke tingkat pusat. Kuncinya, pembinaan gugus dan lembaga PAUD harus dilakukan secara terprogram dan berkelanjutan oleh pengawas PAUD yang mewilayahi.

Ketua Panitia yang juga Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. Made Merta, M.Si., mengatakan, Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi tingkat Kota Denpasar 2017 bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan lembaga PAUD dalam pembelajaran anak usia dini menjadi anak yang cerdas, sehat dan ceria. Penilaian ini juga sekaligus untuk pembinaan terhadap Gugus dan Lembaga PAUD yang ada di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Terima Bantuan Oksigen dari BMPD dan BI Perwakilan Bali

Dia mengatakan, pelaksanaan Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi diawali di Gugus PAUD Mawar Denpasar Utara. Selanjutnya penilaian dilaksanakan di Gugus PAUD Sandat (Denpasar Selatan), Gugus PAUD Kenanga (Denpasar Barat) dan Gugus PAUD Rama (Denpasar Timur).

Kriteria dalam penilaian tersebut, jelas dia, meliputi manajemen, kegiatan belajar mengajar dan imbas, hubungan dengan masyarakat dan orang tua, sarana dan prasarana pendukung yang bermuara pada pendidikan karakter anak itu sendiri.

Pemenang dalam lomba tingkat Kota Denpasar ini secara otomatis akan mewakili Kota Denpasar untuk Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi tingkat Provinsi Bali. (tis/bpn)

Baca Juga :  Sukseskan Pilwali, KPU Denpasar Ajak Keterlibatan Anak Muda

Pantau terus baliportalnews.com di :