BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta resmi meluncurkan distribusi beras lokal melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Nusa Penida.

Masyarakat setempat pun kini bisa mendapatkan beras lokal tersebut dengan harga yang sama seperti di Klungkung daratan.

Peresmian  Distribusi Beras Lokal Melalui BUMDes dilakukan Bupati Suwirta di halaman Kantor Kecamatan Nusa Penida, Kamis (25/5/2017).

Peresmian ditandai dengan penyerahan secara simbolis beras 10kg produksi lokal dengan kwalitas bagus kepada para Perbekel se-Kecamatan Nusa Penida.

Kabid Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Wayan Sumatra mengatakan, program dengan jargon Beli Mahal Jual Murah, ini adalah murni gagasan dari Bupati Suwirta.

Program ini dirancang mengingat tingginya ketimpangan harga beras antara Klungkung Daratan dengan Klungkung Kepulauan yakni Nusa Penida. “Beras lokal yang biasa dijual di Nusa Penida per kilogramnya berkisar seharga Rp 11 ribu ke atas, dengan program ini masyarakat di desa akan bisa memperoleh dengan harga Rp 9.700. BUMDes tidak boleh mematok harga di atas Rp 9.700 karena sudah disubsidi transport oleh Pemkab,” ujar Wayan Sumatra.

Untuk program ini, KUD Takmung mendistribusikan sebanyak 14 ton beras pada bulan ini. Masing masing BUMDes disalurkan 1Ton beras dengan harga perkilonya Rp 9.500.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta berharap BUMDes kedepannya akan banyak menyerap beras ini untuk dipasarkan kepada masyarakat. Pihaknya pun tidak menampik akan timbul gejokan dari para pedagang beras karena harga jual BUMDes yang lebih murah.

Untuk itu, Bupati meminta para pengelola BUMDes untuk merangkul para pedagang beras serta menjelaskan bahwa program ini adalah murni demi kesejahteraan masyarakat utamanya untuk warga yang kurang mampu.

“Semoga melalui program ini, inflasi yang terjadi di Nusa Penida dapat dikurangi,” ujar Bupati Suwirta seraya menyebut program ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan keadilan antara Klungkung daratan dan kepulauan. (humas-klungkung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

loading...