Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan secara nasional serentak dilaksanakan mulai tanggal 2 mei 2017. Untuk melihat langsung pelaksanaan ujian tersebut Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa melakukan peninjauan pelaksanaan UN di 2 SMP di Kecamatan Abiansemal, Selasa (2/5/2017).

SMP yang pertama dikunjungi adalah SMPN 3 Abiansemal yang berlokasi di Desa Sibang yang dilanjutkan peninjauan pelaksanaan UN di SMPN 1 Abiansemal yang berlokasi di Desa Blahkiuh. Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Widya Astika beserta Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar I Made Mandi.

Dari peninjauan dua  SMPN tersebut ternyata melaksanakan jenis ujian nasional yang berbeda yakni di SMPN 3 Abiansemal menggunakan UNKP (Ujian Nasional Kertas Pinsil) yaitu ujian yang menggunakan lembar jawaban menggunakan kertas dan pinsil. Sementara di SMPN 1 Abiansemal menggunakan UNBK (Ujijan Nasional Berbasis Komputer).

 Ketika dikonfirmasi terkait perbedaan jenis ujian tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Badung, Widia Astika menjelaskan ada persyaratan untuk sekolah agar bisa melaksanakan UNBK yakni sekolah tersebut memiliki minimal 30% computer dan perlengkapannya dari jumlah peserta ujian nasional disekolahnya. “Untuk sekolah yang belum memiliki computer memadai pelaksanaan UN nya menggunakan UNKP. Hasil UN ini tidak menentukan kelulusan siswa, melainkan hasil ujian ini sebagai gambaran pemetaan mutu pendidikan secara nasional,” paparnya.

Baca Juga :  Pasangan Giriasa Resmi Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Badung

Lebih lanjut Widia Astika Astika mengatakan untuk tahun 2017 jumlah peserta UN tingkat SMP di Badung adalah sebanyak 9.841 siswa yang terbadi dalam 60 SMP. Untuk SMP yang melaksanakan UNBK sebanyak 29 sekolah dan UNKP sebanyak 30 sekolah. “ Untuk SMPN 3 Abiansemal jumlah peserta ujian sebanyak 607 siswa sementara peserta UN SMPN 1 Abiansemal sebanyak 239 siswa ,” katanya

Sementara itu Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa menyampaikan dari dari 2 sampel sekolah yang kunjungi sudah berjalan tertib sesuai dengan prosedur. Terkait kendala-kendala kecil  yang dihadapi  seperti masalah listrik dan gangguan perangkat computer bisa ditanggulangi sehingga tidak mengganggu pelaksanaan UNBK maupun  UNKP. “Saya harapkan pelaksanaan ujian nasional ini baik secara UNKP maupun UNBK dapat menghasilkan output berupa kulitas mutu pendidikan di Kabupaten Badung lebih baik dari tahun kemarin,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sambut Hari Raya, Group Astra Bali Gelar Pasar Murah Galungan

Adapun jadwal ujian UN SMP, untuk tanggal 2 mei  Bahasa Indonesia, 3 Mei Matematika, 4 Mei Bahasa Inggris dan 8 Mei mata pelajaran IPA. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :