Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja di Pemeritah Kota Denpasar terkait kehumasan dan pariwisata.

Sebanyak 100 mahasiswa beserta Dosen pembimbing diterima dengan hangat oleh Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar IB Rahoela mewakili Walikota Denpasar IB.  Rai Dharmawijaya Mantra di Gedung Graha Sewaka Dharma Denpasar Rabu (10/5/2017).

Ketua Rombongan sekaligus Dosen Pendamping, Dodit Widodo mengatakan, kunjungan kerja ini bertujuan untuk belajar lebih mendalami tugas dan fungsi  Kehumasan dan komunikasi publik di Pemerintah Kota Denpasar sehubungan dengan adanya  Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jendral Soedirman angkatan 2014.

”Melalui Kunker ini kami berharap bisa mendapatkan ilmu terkait Kehumasan dan Pengelolaan komunikasi publik di Pemerintah Kota Denpasar, serta dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa ketika terjun ke lapangan nanti, ” ungkapnya.

Baca Juga :  “Energi Untuk Negeri” Penerima Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024, Wujud Semangat Masa Depan SDM Unggul di Bali

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar IB Rahoela didampingi Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar, Dewa Gede Rai menyambut baik kunjungan kerja dari Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jendral Soedirman.

Menurutnya, Pemerintah Kota Denpasar dibentuk berdasarkan  UU No 1 tahun 1992 yang diresmikan tanggal 27 Februari  1992. Kota Denpasar terdiri dari 4 kecamatan dengan luas wilayah  12.778 hetar.   Untuk jumlah penduduk Kota Denpasar yang tercatat hingga tahun 2016 sebanyak 846.000 jiwa dengan kepadatan penduduk  mencapai 6.526 jiwa/Km2.

Baca Juga :  Semarak Ramadhan, Rohis Astra Motor Bali Gelar Buka Puasa Penuh Kebahagiaan Bersama Anak Yatim

Lebih lanjut dikatakannya, tugas dan fungsi Humas dan Protokol Kota Denpasar mengendel acara pimpinan Walikota mulai dari acara resmi hingga kemasyarakatan. Sehingga acara setiap hari sebanyak 10 hingga 20 acara, untuk itu satu orang staf Humas dan Protokol Kota Denpasar bisa mengendel dua hingga tiga acara setiap hari. Bahkan hari Sabtu dan Minggu tidak mengenal istilah hari libur. Sedangkan dalam membangun citra pemberitaan Humas dan Protokol Kota Denpasar berkerjasama dengan media massa, baik media cetak maupun media elektronik.

Pihaknya selalu menjalin hubungan yang harmonis dengan wartawan yang ditugaskan  di Pemerintah Kota Denpasar. Agar bisa saling sharing informasi dengan wartawan, Pemerintah Kota Denpasar juga menyiapkan ruang Press Room.  Dalam menjalin kerjasama yang baik Humas dan Protokol Kota Denpasar setiap tahunnya juga mengajak wartawan untuk studi banding ke luar daerah untuk melihat kemajuan daerah lain.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

Selain menggunakan media sosial dan media cetak, untuk membangun citra positif pimpinan dengan komunikasi langsung. Oleh karena itu pihaknya menggunakan media pertemuan kepada masyarakat secara langsung, seperti jamuan bazzar.

“Melalui kegiatan ini bisa berinteraksi dan bertemu langsung dengan masyarakat. Bukan lagi pemerintah yang mengundang melaikan masyarakat yang mengundang secara langsung pimpinan agar menghadiri jamuan tersebut,” katanya. (eka/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News