Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Wayan Sukana mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah (US) tingkat SD sederajat di Kota Denpasar dinilai berjalan lancar dan tertib serta relatif bersih dari praktik-praktik kecurangan.

“Sampai saat ini, Disdikpora Kota Denpasar belum menerima laporan terkait kecurangan US SD sederajat,” kata Sukana, Kamis (18/5/2017).

Kendati begitu, Sukana mengaku ada sejumlah temuan yang bisa dijadikan sebagai bahan eveluasi untuk penyempurnaan pelaksanaan US tahun depan. Ditegaskan, semua temuan itu berkategori kesalahan teknis alias tidak termasuk dalam jenis pelanggaran maupun kecurangan.

Selama pelaksanaan US tingkat SD sederajat, kata dia, pihaknya hanya menerima laporan beberapa lembar soal US yang cetakannya kurang jelas. Sementara untuk lembar jawaban komputer (LJK) diterima lengkap oleh masing-masing peserta ujian serta tidak ada yang cacat seperti robek atau terlipat. ‘’Tidak ada kekurangan naskah maupun LJK US yang kami terima dari sekolah maupun UPT Disdikpora Kecamatan. Semua berjalan lancar dan tertib,’’ kata Sukana.

Baca Juga :  Perbekel Dauh Puri Kaja Gencarkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Menurut Sukana, proses scanning (pemindaian) LJK US SD sederajat yang dilakukan oleh tim scanning Disdikpora Kota Denpasar sudah mulai dilaksanakan sejak hari pertama US selesai. Proses scanning menggunakan software yang diterbitkan oleh BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan). (wir/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :