Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang digunakan oleh masyarakat, mengharuskan Polda Bali meningkatkan sarana prasarana yang secara langsung bersentuhan dengan sistem layanan publik. Salah satunya adalah dengan melakukan modernisasi dibidang teknologi, informasi dan komunikasi.

Dengan terbangunnya alternatif sistem layanan publik yang lebih mudah, murah, cepat, transparan dan akuntabel, diharapkan Polri semakin dicintai masyarakat. Untuk mewujudkan sistem layanan publik yang lebih efektif dan efisien, Polda Bali memberikan solusi melalui peluncuran sistem layanan masyarakat berbasis online dengan nama “Sistem Aplikasi Layanan Kepolisian Bali (Salak Bali)”.

“Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Rabu tanggal 17 Mei 2017, Pukul 08.57 Wita, sistem aplikasi layanan publik Salak Bali dan sistem Absensi Online, secara resmi saya nyatakan di launching,” ucap Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Sistem aplikasi ini dilaunching oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose dengan didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si., Kabid TI Polda Bali Kombes Pol. I Gusti Gede Harnawa Pasimpangan, Deputy Executive Vice President Marketing PT. Telkom Regional V dan General Manager Military Police Services PT. Telkom Indonesia, bertempat di Gedung Lembah Pujian Denpasar Barat, Rabu (17/5/2017).

Baca Juga :  Pulih Dari Cedera, Ali Adriansyah Rusmiputro Siap Hadapi Balapan di Sirkuit Misano

Petrus Golose menyatakan aplikasi ini merupakan wujud implementasi program Promoter Kapolri yaitu modernisasi teknologi pendukung pelayanan publik.

“Salak Bali adalah sistem yang digunakan untuk menerima dan memproses panggilan darurat (SOS), laporan atau pengaduan tentang permasalahan di masyarakat melalui smartphone,” ungkap jenderal kelahiran Manado ini.

Menurut Petrus Golose, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media untuk mengajak masyarakat agar turut memerangi kejahatan dan menangkal berita hoax. Bentuk terobosan kreatif lainnya yaitu Absensi Online, sistem ini berfungsi untuk mengontrol kehadiran personel yang bertugas di lapangan.

Petrus Golose berharap, melalui penggunaan aplikasi “Salak Bali”, masyarakat akan lebih mudah dan secara cepat dapat mengakses layanan kepolisian. Selain itu, masyarakat juga dapat memonitor langsung progress atas informasi  atau laporan yang disampaikan.  Sistem aplikasi Salak Bali dan Absensi Online terbentuk bekerjasama dengan PT. Telkom Witel Denpasar.

“Terima kasih kepada PT. Telkom Witel Denpasar atas kerjasama dan dukungannya. Semoga kedepan kerjasama dan partisipasi jajaran PT. Telkom Indonesia lebih ditingkatkan lagi, khususnya dalam mendukung suksesnya pelaksanaan tugas Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :