Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Semangat toleransi, pluralisme dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat terasa, pada Misa Syukur Ramah Tamah Seminari Roh Kudus Tuka Paroki Tri Tunggal Maha Kudus Tuka, dan Perayaan 100 Tahun Penampakan Bunda Maria di Fatima di Seminari Roh Kudus Tuka, Desa Dalung, Sabtu (13/5/2017).

Kegiatan ini dihadiri Anggota Komisi X DPR RI Dr. Ir. Wayan, Koster, MM, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa dan Anggota DPRD Badung I Wayan Sandra.

Pada misa yang diikuti sekitar seribu umat Katolik se-Kabupaten Badung  dan juga dihadiri sejumlah pastor ini dipimpin Uskup Denpasar Monsignur Silverster San,  pesan-pesan tentang persatuan kesatuan, toleransi antar umat beragama, dalam kerangka NKRI disampaikan Wayan Koster saat memberikan kata sambutan. Menurut Koster, Bangsa ini sedang dalam ujian mengingat ada upaya pihak-pihak tertentu untuk mengubah ideologi bangsa.

“Kita harus memupuk rasa persaudaraan ditengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan semangat bhineka tunggal ika,” kata Koster.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Kembali Gelar Program Lansia Ceria

Menurutnya semua agama memberikan ajaran kebaikan kepada umatnya.  Pihaknya yakin semua agama di Bali memiliki komitmen bersama menjaga toleransi dan menghormati keberagaman.

“Bali adalah miniatur Indonesia, semua agama, suku, etnis ada disini. Kita selalu hidup rukun, berdampingan dengan penuh rasa kekeluargaan,” tegasnya.

Ia mengungkapkan tak satupun negara di dunia ini akan maju dan sejahtera, bila belum tuntas melaksanakan ideologinya.

Pada kesempatan berikutnya Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan konsep menyama braya antara pemeluk agama di Bali patut diapresiasi dan dipertahankan.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Sediakan Posko Pemantauan di Terminal Ubung

Dirinya mengajak umat Kristen di Kabupaten Badung menjadi contoh semangat toleransi dan kekeluargaan antara pemeluk agama.  Terkait Seminari, Bupati Giri Prasta juga memberikan dukungan dan apresiasi.

“Seminari adalah tempat mendidik dan mengembleng calon-calon pastur, tentu kami pemerintah akan siap memberikan dukungan,” katanya.

Sementara itu Uskup Denpasar Monsignur Silverster San menyatakan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bupati Badung berserta jajarannya, dan atas perhatian berupa bantuan dana yang diberikan untuk pembangunan Seminari Kuta.

Uskup juga menyampaikan terima kasih kepada Anggota Komisi X DPR RI Wayan Koster, yang telah memberikan pesan moral yang sangat baik tentang pluralisme dan toleransi antara umat beragama.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Buka Lowongan Empat JPTP

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 1 miliar, untuk proyek renovasi asrama SMP Seminari Kuta. Bupati bersama rombongan didampingi Rektor Seminari Roh Kudus RD.

Nubert Hadi Setiawan dan Ketua Alumni Seminari Tuka Yoseph Yulius Diaz, menyempatkan diri meninjau proyek bangunan asrama yang masih dalam proses pengerjaan. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :