Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari Lanjut Usia (Halun) kembali diperingati Pemkot Denpasar pada Minggu (28/5/2017) yang dipusatkan dihalaman Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar. Ratusan lansia dilibatkan dalam peringatan HALUN lewat berbagi perlombaan seperti, lomba jogeg dan pengibing lansia, lomba megenjekan, lomba mengending Bali, hingga kegiatan safari kesehatan dan penyerahan bantuan sosial.

Melalui Dinas Sosial Kota Denpasar kegiatan Halun disaksikan langsung Walikota I.B Rai Dharmawiaya Mantra  Ketua Tim PKK Kota Denpasar Ny. Selly Mantra, Sekda Kota Denpasar A.A.N. Rai Iswara, Camat se-Kota Denpasar dan OPD terkait lainya.

Sebelum acara di mulai, Walikota Rai Mantra tampak menyapa para lansia sembari bercanda dengan para lansia. Bahkan para lansia ini juga berebutan untuk berfoto “selfie” dengan orang nomor satu di Kota Denpasar ini.

 “Halun ini memang diperingati setahun sekali menjadi peringatan hari keluarga lansia dan memberikan ruang kepada para lansia menampilkan kebolehahan/ketarampilan mereka di usia senja’’, ujar Walikota Rai Mantra.

Baca Juga :  Touring Kekinian Bersama Konsumen Honda PCX

Lebih lanjut dikatakan Halun tidak saja menjadi peringatan rutin di Denpasar, namun diharapkan mampu meningkatkan martabat para lansia itu sendiri. Hal ini tentunya telah dilakukan  berbgai program oleh Pemkot Denpasar yang nantinya mampu memberikan manfaat baik dari segi kesehatan maupun program-program pelayanan lainnya kepada para lansia. Disamping itu keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga kita berdayakan bersama lewat program sosial dan program Rumah Berdaya Denpasar. Sehingga dalam peringatan Halun ini dapat menjadi program sinergi pemberdayaan dari ODGJ hingga Lansia.

“Dalam hari yang sama juga kita akan lihat di Rumah Berdaya berada di kawasan JL. Hayam Wuruk Denpasar para ODGJ atau yang saat ini dikenal dengan sebutan Orang Dengan Skizofrenia diberdayakan dalam satu rumah berdaya dengan berbagai hasil produk kreatifitas mereka,’’ ujar Rai Mantra.

Baca Juga :  Seminar Alumni Fakultas Ilmu Budaya Dalam Rangka Yudisium Ke-148  

Sementara Plt. Kadis Sosial Kota Denpasar I Ketut Likub mengatakan, peringatan Halun diisi dengan berbagai kegiatan meliputi, Bakti Sosial dengan pemberian sembako, safari kesehatan, lomba-lomba seperti, lomba jogeg dan pengibing lansia, lomba megenjekan, lomba berpaikan adat berpasangan kepura, lomba mewirama, lomba senam lansia dan lomba mengending Bali.

“Peringatan Halun melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usi,” ujarnya. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :