Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Pebalap muda Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro, kembali berhasil meraih poin di Kejuaraan World Supersport 300 putaran keempat, di Sirkuit Donington Park, Inggris pada hari Minggu (28/5/2017) kemarin.

Adrian yang tergabung dalam Pertamina Almeria Racing Team, memperoleh tambahan 8 poin setelah berhasil finish di posisi ke 8 dari 36 pebalap. Dengan tambahan poin tersebut, sementara total poin yang sudah dikumpulkan Adrian adalah 10 poin.

“Allhamdulillah, race hari ini berjalan sesuai dengan prediksi. Saya berhasil finish di 10 besar, yaitu pada posisi ke 8,” kata Adrian. “Ini adalah hasil terbaik selama saya mengikuti World Supersport 300 dan ini semua adalah hasil kerja keras seluruh tim.”

Dalam sesi latihan bebas pertama, catatan waktu Adrian cukup baik yaitu 1 menit 47.444 detik dan menempati urutan ke 13. Tetapi Adrian belum puas, dia ingin memperbaiki catatan waktunya, sehingga ia bersama dengan tim mekanik melakukan beberapa perubahan pada setting-an motornya.

Baca Juga :  UGM Terima 2.821 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Sayangnya, perubahan tersebut tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan. Saat latihan bebas kedua catatan waktunya menurun menjadi 1 menit 48.406 detik dan berada di posisi ke 22.

Hal itu tidak menurunkan kepercayaan diri Adrian, pebalap berusia 23 tahun yang didukung penuh oleh PT Pertamina (Persero) ini tahu apa yang harus ia lakukan agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik. Saat sesi kualifikasi, ia kembali menggunakan set up motor seperti latihan bebas pertama. Alhasil, Adrian mampu menorehkan waktu terbaiknya yaitu 1 menit 47.293 detik dan berada di urutan ke 3 pada grup Super Pole 1, yang artinya ia akan start di urutan ke 13 saat balapan berlangsung dan itu adalah posisi start terbaik selama Adrian berlaga di Ajang World Supersport 300.

Penampilan Adrian pada saat latihan bebas pertama cukup baik, ia mampu bertahan dengan kondisi angin yang cukup kencang di lintasan serta mendapatkan waktu yang tidak buruk. “Saya dan tim mekanik telah bekerja keras membangun motor Adrian agar lebih baik, saat balapan nanti saya yakin Adrian lebih siap dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat,” pungkas Maturana sesaat setelah sesi kualifikasi selesai.

Saat perlombaan, selepas start dimulai, Adrian langsung berusaha semaksimal mungkin untuk melesat ke barisan depan. Dari posisi start ke 13, di tikungan pertama ia sudah berhasil maju ke posisi 11. “Sejak awal start saya berusaha untuk sesegera mungkin bergabung dengan grup pebalap di depan, saya berusaha untuk membiasakan diri bertarung dengan pebalap-pebalap yang biasa berada di depan. Hasilnya kecepatan saya juga semakin bertambah mengikuti kecepatan mereka, walaupun dalam sebuah perlombaan pasti ada gangguan dan tekanan dari pebalap lain, sehingga kadang-kadang harus tutup gas dan tidak selalu clean lap,” jelas Adrian.

Sempat beberapa kali ia mendapat tekanan dari pebalap asal German, Alex Murley, namun hal itu dapat diatasi dengan baik. Setelah memasuki lap ke 5, Adrian semakin mendapatkan kecepatan dan ritme balapnya, dan  berhasil mendahului beberapa pebalap lain yang ada di depannya.

Baca Juga :  Pertina Bali Maksimalkan Persiapan Menuju PON ke-21 dengan Latihan di Uzbekistan

Lap time Adrian pun semakin membaik, bahkan di lap ke 11 catatan waktunya lebih tajam dari hasilnya saat sesi kualifikasi, yaitu 1 menit 46.358 detik. Adanya konsistensi serta kegigihannya, ia berhasil finish di posisi ke 8 setelah sebelumnya sempat melakukan fight race dengan pebalap dari tim Halcourier Racing, Daniel Valle.

“Allhamdulilah kita bisa improve, hasil sebelumnya kita ada di posisi 14, sekarang kita bisa berada di posisi ke 8. Semoga di race berikutnya, hasil yang kita peroleh bisa lebih baik lagi. Sekarang saya akan langsung kembali ke Almeria, untuk kembali berjuang dan berlatih keras, mempersiapkan diri untuk race berikutnya,” tutup Adrian. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News