Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Setelah Kelurahan Tonja Denpasar Utara, kini giliran Kelurahan Dauh Puri Denpasar Barat di nilai oleh Tim Lomba Desa/Kelurahan Pemerintah Kota Denpasar, Rabu (3/5/2017) di Kantor Lurah Dauh Puri, Denpasar Barat. Dimana Lomba Desa/Kelurahan tingkat Kota Denpasar ini di hadiri dan di buka langsung oleh Wakil Walikota Denpasar I.G.N. Jaya Negara, yang pada kesempatan ini di dampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Gatri Wara Kota Denpasar, Ny. Purnawati Ngurah Gede, Camat Denpasar Barat I.B. Joni Ariwibawa dan Lurah Dauh Puri I.G.A.M Suryani.

Walikota Denpasar dalam sambutan tertulis yang di bacakan Wakil Walikota Denpasar I.G.N. Jaya Negara mengatakan, penilaian Lomba Desa diharapkan tidak hanya sekedar lomba dan hanya untuk mencari juara semata, tetapi bagaimana dengan adanya lomba ini akan memunculkan semangat inovasi dan kreatifitas aparat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan diharapkan dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Desa/Kelurahan juga harus bisa memberi pelyananan berbasis Online atau memanfaatkan media internet dan website.

Baca Juga :  Susno Duaji dan Hera Susno Nyoblos

Sehingga dapat berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, dan memegang teguh spirit “Sewaka Dharma” di dalam melayani masyarakat karena kita sudah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab, yang mana artinya kita harus melayani dengan sepenuh hati tapi juga harus hati-hati dan teliti, jadi kita harus merubah paradigma pemerintahan dengan konsep Sewaka Dharma.

Selain itu dengan adanya lomba seperti ini setiap tahunya akan dapat memunculkan partisipasi komponen masyarakat untuk ikut serta dalam mempercepat pembangunan  di Desa dan Kelurahan yang bermuara pada peningkatanan  kesejahteraan masyarakat  Kota Denpasar.

Baca Juga :  Rai Mantra Rangkul Organisasi Perempuan Ajak Sadar Sampah

Lurah Dauh Puri I.G.A.M Suryani mengatakan, Kelurahan Dauh Puri terus melakukan langkah meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama di bidang kebersihan. Dikarenakan Kelurahan Dauh Puri memiliki potensi mengenai masalah kebersihan, dimana Kelurahan Dauh Puri melaksanakan kebersihan setiap hari diwilayah kelurahan kami dan mengangat petugas kebersihan sendiri.

Selain itu Kelurahan Dauh Puri juga memiliki Bank Sampah sendiri untuk membantu masyarakat menjaga kebersihan dan untuk mempercantik lingkungan di wilayah masing-masing kami mengajak masyarakat itu mengiasai sepanjang jalan rumah mereka dengan tanaman hias.

Kelurahan Dauh Puri juga sudah melaksanakan pengelolaan sampah berbasis lingkungan yang berkerjasama dengan pihak swasta dengan mengolah sampah plastic menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sementara Ketua Panitia Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Kota Denpasar, A.A. Gede Raka Widnyana mengatakan, proses penilaian ini dimulai dari presentasi yang dilakukan oleh lurah maupun kepala desa sesuai dengan tiga bidang dasar dalam penilaian ini yakni bidang kepemerintahan, kemasyarakatan, dan kewilayahan.

Ada sembilan Indikator pendukunganya yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintah, lembaga kemasyarakatan, adat dan budaya serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga.  Dengan demikian akan lebih mempermudah dalam penilaian kelapangan karena akan sesuaikan dengan yang dipresentasikan. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :