BALIPORTALNEWS.COM – Plt. Kadisdikpora Wayan Sukana mengaku puas memantau Ujian Nasional (UN) di SMP PGRI 5 Denpasar karena berlangsung kondusif dan berintegritas. Suasana sekolah yang nyaman, bersih dan disiplin juga mendukung pelaksanaan UN berintegritas.

Makanya, Plt. Kadisdikpora menyatakan, SMP PGRI 5 Denpasar berkontribusi untuk menjadikan Denpasar sebagai kota yang menjalankan UN secara berintegritas.

“Pelaksanaan Ujian Nasional di SMP PGRI 5 Denpasar benar-benar berlangsung berintegritas. Semua Prosedur Operasional Standar (POS) UN dilakukan secara ketat,” ujar Sukana, Selasa (2/5/2017)

Saat memantau UN di SMP PGRI 5 Denpasar  Plt. Kadisdikpora diterima Kepala SMP PGRI 5 Denpasar, Dr. Wayan Wirasa, M.M., M.Pd.

Plt. Kadisdikpora juga mendengar kalau SMP PGRI 5 Denpasar sering menolak calon siswa baru karena peminatnya banyak. Ini menunjukkan sekolah ini dikejar masyarakat karena kualitas, apalagi mengedepankan disiplin dan 90 persen guru SMPN 2 Denpasar mengabdi di sekolah ini. Makanya, SMP PGRI 5 Denpasar dikenal SMPN 2 Denpasar yang kedua.

Baca Juga :  Elemen Bali Peduli Melakukan Doa Bersama & Penggalangan Dana untuk Para Korban Bencana di NTT

Menurut Kasek Wayan Wirasa, UN di SMP PGRI 5 Denpasar diikuti 689 peserta, terbanyak di Bali dengan 35 ruangan.
Wayan Wirasa menyebutkan, sejak berada di kelas VII sudah disentuh dengan program persiapan UN. Para siswa juga diberikan try out secara mandiri sebanyak empat kali, ditambah try out dari Disdikpora Kota Denpasar. Setiap hari siswa juga diberikan bedah soal untuk membantu siswa yang kurang dalam bidang studi tertentu.

Ia mengaku tahun ini belum mampu menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena keterbatasan fasilitas. Tahun depan, ia bertekad SMP PGRI 5 Denpasar menjalan UNBK. Dia selalu menekankan jalani UN secara berintegritas, mengutamakan kejujuran, baru prestasi.

Baca Juga :  Kain Endek Bali Jadi Ikon Fashion Dunia

Kasek Wayan Wirasa menambahkan, tahun ajaran baru ini menerima 11 kelas atau 500 siswa baru. Pendaftaran dibuka mulai 19 Mei 2017. Yang menarik, biaya pendidikan di SMP PGRI 5 Denpasar sangat terjangkau. Lulusan SD yang memiliki saudara sekolah di SMP PGRI 5 Denpasar diberi diskon uang gedung 20 persen, sedangkan anak kembar diberi diskon 25 persen. Bagi siswa miskin dibantu dengan pendidikan gratis karena digarap lewat dana BOS dan anggaran sekolah.

Soal prestasi, SMP PGRI 5 Denpasar gudangnya prestasi. Prestasi teranyar yang diraih yakni juara umum III Porjar Kota Denpasar 2017. Kontingen SMP PGRI 5 Denpasar meraih 21 emas, 18 perak dan 24 perunggu. Medali emas diraih di cabor atletik (14), woodball (6) dan judo (1). Medali perak diraih di cabor atletik (8), judo (2), voli putra (1), silat (4), dan woodball (3). Medali perunggu diraih di cabor atletik (5), judo (10), tarung derajat (1), silat (5), woodball(1) dan panjat tebing (2). (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :