Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Guna menambah pengetahuan tentang kewirausahaan, Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung menggelar pelatihan. Pelatihan yang dilakukan selama dua hari (17-18/5/2017) ini menyasar 30 pelaku usaha khususnya UMKM (usaha mikro,kecil, dan menengah) di kelurahan Legian.

Pelatihan Kewirausahaan dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Ida Bagus Putra Yudana, S.Sos. M.Si, di kantor Lurah Legian, Kecamatan Kuta, Rabu (17/5). “UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan pekerjaan. Serta memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Juga berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat,” kata IB Yudana.

Baca Juga :  Badung Kembali Gelar Pemilihan Duta Anak 2024

Maka dari itu, kata Yudana, pemberdayaan UMKM menjadi sangat strategis karena potensi penggerak ekonomi yang sangat tinggi. UMKM juga menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraanya. “Pemberdayaan akan terus dilakukan oleh pemerintah secara berkesinambungan. Termasuk dunia usaha itu sendiri secara menyeluruh dan berkesinambungan,”  ujar mantan pembantu Inspektur Wilayah I ini.

Untuk menjadi seorang Interpreneur, lanjut Yudana, bisa dilakukan oleh semua masyarakat apapun latar berlakangnya bukan saja dari kaum pemodal. Sebab, untuk menjadi seorang pengusaha memang diperlukan dana, tapi yang terpenting niat, tenaga, kerja keras, serta ulet dalam menjalankan usaha.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Koperasi, Diskopukm dan Perdagangan Badung Gelar Diklat Uji Sertifikasi dan Kompetensi

“Pelaku UMKM diharapkan mampu terus mengasah keterampilan, kealihan baik dari pendidikan formal maupun kursus atau pelatihan lainnya,” harapnya.  Pemerintah pun, imbuh dia, selalu siap memberikan keterampilan di bidang apa pun.

Pelatihan kewirausahaan dengan tujuan peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM selama dua hari, mendatangkan dua Praktisi/pelaku UMKM sebagai narasumber, serta narasumber dari Badan Diklat Koperasi UKM Provinsi Bali. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News