BALIPORTALNEWS.COM – Sesuai jadwal, naskah soal Ujian Nasional (UN) 2017 untuk SMA dan SMK di Bali yang melaksanakan UN berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) didistribusikan, Jumat (7/4/2017).

Pendistribusian soal dari Gudang Kantor Pos Jalan Kamboja, Denpasar, yang rencananya sekitar pukul 06.30, sempat molor. Masalahnya, rolling door gudang tempat penyimpanan soal tak bisa dibuka. Akhirnya terpaksa pintu besi tersebut dibongkar dengan menggunakan linggis.

Baru mulai pukul 08.45 soal didistribusikan ke kabupaten/kota.Yang pertama kali dikirim untuk Kabupaten Buleleng dilanjutkan Klungkung dan kabupaten lainnya di Bali, serta terakhir Kota Denpasar.

Setiap kendaraan yang mengangkut soal UNKP dikawal ketat polisi bersenjata dari Polda Bali. “Memang ada keterlambatan tapi dari sisi keamanan naskah sudah aman,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Wayan Serinah.

Baca Juga :  Polres Badung Bekuk Pelaku Judi Sabung Ayam

Disisi lain, keberadaan naskah soal UN tingkat SMA untuk mata pelajaran Bahasa Inggris yang diketahui bermasalah oleh pihak percetakan PT Adi Perkasa Makassar, langsung diganti saat pendistribusian soal, Jumat kemarin. Soal bahasa Inggris tingkat SMA yang bermasalah di seluruh Bali itu langsung ditarik.

‘’Apa permasalahannya terkait isi soal bahasa Inggris itu, kami tidak mengetahui. Yang mengetahui permasalahannya hanyalah pihak percetakan, dan soal yang bermasalah itu sudah diganti,’’ terang Serinah.

Ia berharap, nantinya tidak merugikan peserta ujian atas permasalahan tersebut. Serinah juga mengimbau seluruh peserta UN tidak cemas, sehingga peserta tetap dapat mengerjakan soal dengan baik.

UN untuk jenjang SMA dan SMK di Bali sendiri akan dilaksanakan mulai, Senin (10/4) hingga Kamis (13/4) mendatang. Berdasarkan validasi data terakhir yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali, peserta UN tingkat SMA/MA, SMALB dan SMK tahun 2017 ini berjumlah 54.933 peserta. Dengan rincian untuk SMA/MA sebanyak 27.823 siswa, terdiri dari peserta UNBK sebanyak 14.355 siswa dan sebanyak 13.468 siswa merupakan peserta UNKP. Sementara 31 siswa SMALB seluruhnya mengikuti UNKP.

Baca Juga :  Puluhan Kendaraan Knalpot Brong Diamankan Polres Klungkung

Sedangkan untuk SMK jumlah total peserta sebanyak 27.079 orang dengan rincian peserta UNBK sebanyak 19.301 siswa, sedangkan untuk UNKP sebanyak 7.778 siswa. (pra/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :