Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kelangkaan sumber daya alam dapat mengakibatkan timbulnya berbagai konflik. Konflik tersebut terjadi karena adanya kompetisi untuk memperoleh atau menguasai sumber daya alam tersebut.

Hal tersebut disampaikan Prof. Jon Lovett dari School of Geography University of Leeds, Inggris saat menyampaikan kuliah umum bertema “Scarcity and Conflict” di Gedung Sekolah Pascasarjana Unpad Lantai 3, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (11/4/2017). Kegiatan tersebut digelar atas kerja sama Sekolah Pascasarjana Unpad dengan Resilience Development Initiative (RDI).

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Hadiri Rakornas Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang HBKN

“Contohnya adalah minyak. Banyak konflik yang timbul karenanya,” kata Prof. Lovett di hadapan sejumlah mahasiswa Pascasarjana Unpad.

Untuk mencegahnya, tentu perlu diperkuat dengan adanya regulasi yang kuat dalam sebuah institusi di masyarakat. Institusi ini pun dapat berpengaruh dalam perubahan tingkah laku masyarakat, hingga kondisi perekonomian.

Ia pun menjelaskan konsep cowboy economy dan spaceship economy dari Ken Boulding pada tahun 1966. Prof. Lovett menekankan, perlu adanya perubahan paradigma masyarakat untuk menuju spaceship economy dimana kepekaan terhadap keberlangsungan alam sangat dibutuhkan.

Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kerja Sama Sekolah Pascarsarjana Unpad, Dr. Jutti Levita, M.Si., Apt. “Saya harap kuliah umum dari Prof. Lovett ini dapat meningkatkan kerja sama kita di masa yang akan datang,” harap Dr. Jutti. (humas-unpad/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News