Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (Sps UGM) tengah melakukan reformulasi organisasi. Reformulasi ini menjadikan Sps UGM berubah menjadi Sekolah Pascasarjana Lintas Disiplin (SPS LD) dengan beberapa Sekolah Bidang Ilmu (SBI) yang bernaung di bawahnya.

“SPs LD kedepan akan mengelola prodi atau bidang ilmu yang bersifat strategis bagi bangsa. Harapannya UGM melalui SPs LD bisa membantu mendorong kemajuan bangsa sehingga bisa mandiri dan berdaya saing,”paparnya Dekan SPs LD, Prof. Dr. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D. , di kampus setempat, Senin (17/4/2017) usai membuka Open House SPs LD dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-34.

Baca Juga :  Pustakawan Berperan dalam Menyajikan Informasi Sehat

Oleh sebab itu SPs LD bersama dengan universitas dan senat akademik akan mereformulasi berbagai program studi (prodi) yang ada menjadi sekolah bidang ilmu. Prodi-prodi yang ada nantinya dikelompokkan kedalam bidang ilmu sekelompok. Dengan pembentukan sekolah bidang ilmu ini diharapkan komunikasi, kerja sama, serta pengembangan bidang ilmu menjadi lebih solid.

“Kajian ilmu strategis seperti apa yang akan dikembangkan ini masih dalam pendefinisian secara bersama-sama melihat peta kebutuhan dan potensi Indonesia saat ini dan mendatang. Semoga tahun depan sudah bisa terbentuk,” urainya.

Baca Juga :  Peringatan Isra’ Mi’raj Di Masjid Al Huda Kediri

Ketua Dies Natalis Sps LD, Ratna Noviani, Ph.D., menyampaikan peringatan dies kali ini sebagai bentuk refleksi diri SPs LD UGM sebagai bagian dari perguruan tinggi. SpS LD UGM  dituntut sebagai lokomotif dalam pengembangan lintas disiplin penyelenggaraan pendidikan pascasarjana. Namun disisi lain juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran kritis sebagai manusia dan warga negara.

“Peringatan dies tahun ini menjadi momen berbenah diri bagi SPs LD UGM menuju kemajuan dan dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi baik di tingkat nasional maupun global,” terangnya.

Baca Juga :  Membangun Badung yang Sehat dan Kuat 

Sekolah Pascasarjana dengan kajian lintas disipliner memiliki 13 program studi S2, 10 program studi S3, serta 10 minat program studi. SPs LD UGM dikembangkan dengan tujuan menjadi program unggulan UGM yang menjadi pijakan kuat bagi bidang ilmu lintas disiplin. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :