Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Panas yang menyengat tidak mempengaruhi niat pemedek maupun pengunjung untuk datang ke Tanah Lot. Baik untuk bersembahyang maupun berwisata, Senin (17/4/2017).

Ribuan umat Hindu yang nangkil ke Pura Luhur Pakendungan berasal dari berbagai daerah di Bali. Pemedek atau penangkilan sudah mulai berdatangan untuk melakukan persembahyangan pada pukul 04.00 waktu setempat. Keramaian mulai terlihat pada pukul 10.00, dan puncaknya terjadi pada pukul 14.00 sampai pada malam hari.

Untuk pengaturan pedagang, sudah ditertibkan. Pedagang tidak dibolehkan berjualan di sekitar areal pura, guna memberikan kenyamanan bagi pemedek yang bersembahyang.

Untuk mengantisipasi kemacetan, pecalang Desa Pakraman Beraban yang bekerja sama dengan divisi terkait di DTW Tanah Lot, sudah berkordinasi. Parkir untuk pemedek diarahkan ke parkir umum di sebelah barat, yang biasanya digunakan sebagai parkir bus, parkir pelaba Pura Luhur Pakendungan, dan lahan kosong tanah milik pribadi sebelah selatan parkir umum DTW Tanah Lot.

Baca Juga :  Rai Wahyuni Sanjaya Berkolaborasi dengan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali Atasi Stunting

Sementara Manajemen DTW Tanah Lot juga mengantisipasi kemacetan dengan memasang rambu-rambu petunjuk khusus untuk pemedek. Piodalan di Pura Luhur Pakendungan akan berlangsung atau nyejer selama tiga hari berturut-turut, yaitu sampai hari Selasa, 18 April 2017.

Bersamaan dengan piodalan di Pura Luhur Pakendungan, hari itu juga merupakan piodalan di Pura Batu Mejan, yang lokasinya di areal Enjung Galuh, berdekatan dengan Pura Batu Bolong, dan juga piodalan di Pura Patok, yang lokasinya berdekatan dengan Pura Luhur Pakendungan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Ikuti Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih

Selain banyak pemedek yang nangkil ke Pura Luhur Pakendungan dan Pura Batu Mejan, DTW Tanah Lot juga dipenuhi pengunjung dari luar Bali. Mereka datang ke Tanah Lot untuk menghabiskan masa liburan. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News