Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Hari Sabtu (8/4/2017), wilayah Provinsi Bali diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pukul 02:25:30 WITA dengan kekuatan M=4.7 SR. Pusat gempabumi terletak pada 9,40 LS dan 115,49 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 59 km barat daya Klungkung dengan kedalaman 72 km.

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan lemah dirasakan di Kuta dan Nusa Dua I SIG-BMKG (I-II MMI). Hal ini sesuai dengan laporan masyarakat yang diterima BMKG bahwa gempabumi ini dirasakan lemah oleh beberapa orang.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Ketut Sukaji Mampu Ciptakan Karya Seni "Patung Kuda"

Gempabumi ini merupakan jenis gempabumi berkedalaman menengah antara (60-300 km) yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, pada lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu masyarakat di sekitar Nusa Dua dan Kuta dihimbau agar tetap tenang, mengingat hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :