BALIPORTALNEWS.COM – Salah satu program unggulan Pemkot Denpasar, Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) terus digulirkan. Porsenijar 2017 dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Selasa (25/4/2017) ditandai dengan pelepasan balon.

Pembukaan Porsenijar juga dimeriahkan dengan atraksi yoga asana dari siswa SD se-Kota Denpasar,  marching band Swara Smansa Manggala Dara SMAN 1 Denpasar, dan tari Tenggek sebagai maskot fauna Kota Denpasar yang dipersembahkan siswa SMPN 3 Denpasar serta dansa dari Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI).

Hadir di upacara itu Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar dan Organisasi Perangkat Daerah Kota Denpasar.

Ketua Panitia Porsenijar yang juga Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar Drs. Wayan Sukana, menjelaskan, Porsenijar kali ini melibatkan 8.000 atlet dan seniman dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Ajang ini dipakai untuk menggali atlet dan seniman berprestasi di Kota Denpasar untuk mempertahankan  gelar juara umum Porsenijar Bali tahun lalu.

Wayan Sukana menegaskan, Porsenijar kali ini dikaitkan dengan program Walikota yakni Denpasar Sejahtera serta visi dan misi Kota Denpasar mewujudkan Denpasar Kota Cerdas. Melalui  Porsenijar kita membentuk SDM yang sehat jasmani dan rohani  untuk bisa berkontribusi mewujudkan  PBM berkualitas.

Kabid Pemuda Olahraga, AA Made Wijaya Asmara, menambahkan, Porsenijar yang berlangsung hingga Minggu mendatang mempertandingkan 26 cabang olahraga dimana empat cabor berupa ekshibisi  dan 25 cabang seni.

Cabor yang dipertandingkan di antaranya sepak bola, bola basket, vola voli,  bulu tangkis, atletik, renang, silat, karate, judo, taekwondo, dan softball. Cabang seni meliputi melukis, dolanan, magender wayang, tari, nyurat aksara Bali, tata busana  ke pura, dharma wacana, dll.

Tahun lalu juara umum bidang olahraga diraih SD Kecamatan Denpasar Barat, SMPN 2 Denpasar dan SMAN 1 Denpasar. Sementara bidang seni diraih SD Kecamatan Denpasar Timur, SMPN 3 Denasar dan SMAN 4 Denpasar.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara usai menjadi pembina upacara menegaskan Porsenijar Kota Denpasar sangat strategis untuk melahirkan generasi Denpasar yang tangguh, sehat jasmani, rohani dan mental serta cerdas. Generasi muda Kota Denpasar, kata Jaya Negara, harus tetap tampil berkualitas dalam menghadapi segala tantangan. Hal ini sudah ditunjukkan siswa di Denpasar melalui model pembinaan di sekolah.

Jaya Negara berterima kasih semua pihak sudah bersinergis  membentuk generasi muda Denpasar yang gemilang. Porsenijar Kota Denpasar termasuk salah satu cara untuk mencapai Denpasar Sejahtera dan mewujudkan Denpasar Kota Cerdas. Kuncinya, tingkatkan prestasi dan junjung tinggi sportivitas bagi insan-insan pendidikan Kota Denpasar. (pra/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :