Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti terpilih sebagai salah satu tokoh perempuan yang membacakan surat Kartini, dalam acara istimewa sosial kerayakyatan bertajuk “Pentas Panggung Para Perempuan Kartini”. Pentas tersebut diselenggarakan Bank Indonesia dan media Tempo, dalam rangka menyambut hari Kartini, 21 April mendatang, di Museum Bank Indonesia, Kawasan Kota Tua, Jakarta Pusat, Selasa (11/4/2017).

Bupati Eka dalam memaknai sosok Kartini pada masa sekarang, menyebut bahwa sosok perempuan sekarang sudah diberikan kemudahan untuk menjadi terampil dalam mengisi kemerdekaan. Ketika perempuan dan laki-laki bisa saling mengisi, maka kesuksesan dalam pembangunan suatu negara akan tercapai.

“Sosok Kartini memang jadi inspirasi bagi perempuan di Indonesia. Beliau yang memperjuangkan pendidikan bagi para perempuan, sehingga kaum perempuan bisa berkarya dalam membangun negeri. Sama halnya saya dalam memimpin Tabanan, sangat memperhatikan pendidikan untuk kaum perempuan,” ungkap orang nomor satu di Tabanan ini.

Selain mengutamakan hak berpendidikan untuk kaum perempuan, aspek lain yang diperhatikan Bupati Tabanan sebagai sosok Kartini yang memimpin suatu daerah adalah mengutamakan sektor kesehatan, dan meningkatkan perekonomian para ibu rumah tangga.

Baca Juga :  Gencarkan Pelestarian Adat, Seni dan Budaya, Bupati Sanjaya Buka Parade Ogoh-Ogoh se-Desa Adat Kota Tabanan

“Untuk sektor kesehatan, kanker serviks sudah menurun menjadi dua persen di Tabanan, yang sebelumnya delapan persen. Saya berprinsip, kalau perempuan sudah sehat dan dia bisa menjaga kesehatannya, dia bisa berkarir, dan karir itu tentu membuka suatu ruang. Sosok Kartini pada masa sekarang lebih kepada enterprenur dari kaum ibu. Kaum ibu banyak yang sudah berusaha membangun pundi-pundi ekonomi di setiap desa. Jadi, sekarang ini perempuan aktif mengangkat taraf hidup dalam menghidupkan rumah tangga. Kalau perempuan sudah ikut bergerak, itu tidak akan ada krisis ekonomi,” beber Eka Wiryastuti.

Menurutnya, semakin banyak perempuan terjun ke dunia politik maupun ekonomi saat ini, akan memberikan efek yang baik untuk menghindarkan konflik dalam suatu bangsa. Sosok perempuan adalah lambang kedamaian yang akan memberikan keteduhan.

Baca Juga :  Cek Gigi Balita Secara Langsung, drg. Ida Mahendra Jaya Ingatkan Orangtua Larang Anak Konsumsi Makanan Mengandung Gula Berlebihan

Dalam acara tersebut, Bupati Eka jadi pembaca surat Kartini, yang ditujukan kepada Tuan Abendanon, seorang amtenar di Hindia Belanda. Abendanon ahli hukum yang menelaah pengadilan sesat untuk masyarakat Jawa dan memrotes pemerintah Belanda karena pengadilan sesat tersebut.

Saat pembacaan surat di atas panggung, Bupati Tabanan itu tidak sendirian, melainkan ditemani oleh Direktur Peruri Nur Devi dan Mesti Aryotedjo, seorang dokter yang sekaligus memberikan penampilan permainan musik harpa dalam acara tersebut.

Ada beberapa tokoh perempuan lainnya yang ikut serta dalam membacakan surat Kartini. Antara lain Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Buka Acara Sosialisasi Pendataan Awal Desa Presisi di Selemadeg Timur

Dari kalangan artis, ada Happy Salma, Cristine Hakim, Raline Syah, Dian Sastro, Maudy Ayunda, Nazwa Sihab, Chelsea Islan, serta beberapa artis lainnya. Sementara dari kalangan kepala daerah ada Bupati Nunukan dan Bupati Pandeglang. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News