Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Peran serta Bhabinkamtibmas Desa Gadungan, Kecamatan Seltim, Tabanan, dalam pemilihan bendesa Desa Pakraman Munduk Malang. Sebelumnya, di Desa Pakraman Munduk Malang tidak ada yang mencalonkan dri ataupun dicalonkan menjadi bendesa desa pakraman, sedangkan jabatn tersebut harus terisi.

Terkait kondisi tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Gadungan Aiptu I Wayan Subagia bersama perangkat desa pakraman mengambil langkah untuk melakukan  pemilihan bendesa dengan sistem figur. Peserta pemilih datang ke balai banjar, sesuai hari dan waktu yang telah ditentukan.

Panitia pemilihan bendesa desa pakraman kemudian menyiapkan kertas kosong yang berisi stempel adat. Masing-masing pemilih dipanggil sesuai KK, serta diberikan kertas kosong masuk ke bilik suara untuk menulis nama yang dipilih berdasarkan keinginan dan pilihanya. Kertas itu kemudian dilipat, dimasukan ke kotak suara.

Setelah peserta pemilih semua memberikan pilihannya, kotak dibuka dan dibacakan di depan pemilih. Yangg mendapat suara terbanyak pertama menjadi bendesa desa pakraman. Yang memperoleh suara terbanyak kedua jadi bendahara, dan suara terbanayak ketiga jadi sekretaris.

Baca Juga :  Wujud Sradha Bhakti, Pemkab Tabanan Laksanakan Bhakti Penganyar Di Pura Agung Besakih Warsa 2024

Yang terpilih sebagai Bendesa Adat Desa Pakraman Munduk Malang adalah I Putu Kariarta dengan perolehan 29 suara. Menyusul perolehan suara kedua I Made Subawa sebagai bendahara, dan perolehan suara ketiga I Nengah Sutarja sebagai sekretaris. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News