Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Satbinmas Polres Tabanan melaksanakan sosialisasi pembinaan dan penyerahan sarana kontak kepada pecalang Desa Pakraman Mambang Gede, di Pura Puseh Mambang Gede, Desa Mambang, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Kamis (16/3/2017). Kegiatan yang dibuka Jero Bendesa Adat Mambang Gede tersebut diikuti 14 pecalang setempat.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakapolsek Seltim Iptu I Made Budiarta, KBO Binmas Polres Tabanan Iptu I Ketut Nata, Kanitbinmas Polsek Seltim Aiptu I Wayan Asta, Jero Bendesa Adat Mambang Gede, I Wayan Gunadi, dan Jero Mangku Pura Puseh Mambang Gede.

Baca Juga :  SCTV Meriahkan Malam Pergantian Tahun Dengan “Gempita 2018”

KBO Bnimas Polres Tabanan menyampaikan materi tentang fungsi pecalang sebagai keamanan dan ketertiban, serta bertugas melancarkan jalannya upacara keagamaan di desa masing-masing. Selain itu juga menjaga keamanan dalam berbagai kegiatan masyarakat.

“Pecalang diangkat dan dihentikan desa pakraman, berdasarkan rapat desa. Polisi dalam melaksanakan tugas dibantu keamanan swakarsa, yang salah satunya pecalang. Hal itu telah diatur dalam UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Pasal 13 ayat 1. Pecalang merupakan ujung tombak di desa, yang harus elegan, estetika, sopan santun, dan celang terhadap situasi yang ada di desa masing-masing,” tegas Iptu Nata. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :