Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Untuk mempersiapkan calon Advisor Safety Riding di kalangan komunitas Honda, Astra Motor Bali kembali menggelar kompetisi Regional Safety Riding untuk Advisor Community yang diikuti Honda Community Bali.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Gudang Astra Motor Megati, Tabanan, 19 Maret 2017, diikuti sebanyak 9 klub Honda yang tergabung dalam Paguyuban Honda Community Bali (HCB).

Total peserta yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, yakni 20 orang perwakilan dari masing-masing klub di antaranya klub Viber, HCST, HSFCI, CB RWT, BMTC, CCI BD, HCRC, HMPC dan TRB. Kompetisi dimulai dengan seluruh peserta melalui tes teori terlebih dahulu di ruang training Astra Motor Cokroaminoto, Denpasar, dengan pertanyaan teori seputar safety riding mengenai pengenalan lalu lintas (peserta menjawab soal tentang pengetahuan lalu lintas, cara berkendara yang aman, perlengkapan berkendara yang aman dan pengecekan kendaraan). Kemudian peserta melanjutkan tes praktek di halaman gudang megati, dengan jenis tes yang terdiri dari pengereman, papan keseimbangan dan slalom course.

Untuk tes pengereman peserta, dinilai dari jarak pengereman terpendek tanpa ada melakukan kesalahan pada saat proses pengereman tersebut, seperti roda tidak boleh terkunci, roda belakang terangkat dan lain-lain. Untuk penilaian papan keseimbangan ujian yang harus dilewati peserta, yakni peserta yang bisa paling lama berada di atas papan tersebut, dan roda motor tidak boleh turun dari papan tersebut. Yang terakhir, yakni penilaian slalom  diambil dari kecepatan waktu satu  putaran  tanpa ada kesalahan, seperti tidak menyentuh cone, roda motor menginjak pembatas jalur ataupun salah rute.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

Kontes nasional di tahun ini, untuk kategori advisor komunitas dibagi menjadi 2 kelas, yakni Advisor Komunitas Safety Riding Sport (laki-laki), dan Advisor Komunitas Safety Riding Matic (perempuan).

 “Kompetisi ini kami adakan untuk mencari Advisor Komunitas yang terbaik, di mana nantinya akan mewakili Paguyuban Honda Community Bali di tingkat nasional dalam acara The 11th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition yang akan berlangsung di Surabaya, Mei mendatang,’’ kata PIC Safety Riding and Community Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi.

Baca Juga :  Honda AT Family Day Penuhi Impian Konsumen Pencinta Matic

Kegiatan ini, merupakan bukti Astra Motor Bali, dan Honda Community Bali selalu konsen untuk menerapkan safety riding dalam berkendara dan sebagai persiapan untuk mengikuti Kompetisi Instruktur Safety Riding Indonesia. Untuk juara kategori laki-laki, yakni Dika dari Viber, Arie (HSFCI), dan Bram (HCST).

Sedangkan juara kategori perempuan, yakni Juli dari HSFCI, Handayani (Viber), dan Kusmiyati (HCST). Para pemenang yang meraih juara 1 dan 2 kategori laki-laki, dan juara 1 kategori perempuan akan berangkat membawa tiket ke tingkat nasional bersama dengan 2 Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali, untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional. (ngr/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News