Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pemkab Tabanan meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2017 tingkat Provinsi Bali. APN merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah dengan prestasi perencanaan yang baik atau sangat baik.

Atas prestasi tersebut, Tabanan berhak melaju ke seleksi tingkat nasional. Di tingkat nasional, akan dilaksanakan pada 23 Maret 2017, di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan/Badan Perencaan Pembangunan Nasional atau BPPN/Bappenas.

Penghargaan tersebut diserahkan saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2018 Provinsi Bali, di Gedung Wiswa Sabha, Selasa (21/3/2017). Penghargaan tersebut diserakan Gubernur Bali Made Mangku Pastika kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Di tempat terpisah, Bupati Eka mengaku bersyukur atas keberhasilan Pemkab Tabanan meraih APN 2017 di tingkat provinsi. “Buat saya, ini anugerah. Hadiah dari Tuhan untuk rakyat Tabanan. Secara berturut-turut, Tabanan mendapatkan penghargaan atas prestasi kinerja,” ujarnya.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Prestasi ini, lanjutnya, agar terus ditingkatkan. Semua pihak di Pemkab Tabanan agar terus berjuang, baik dalam doa maupun karya. Dia mengingatkan kepada Bapelitbang) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya untuk meningkatkan kinerja di bidang perencanaan secara progresif, tepat guna, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara Kepala Bapelitbang Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Wiratmaja, menjelaskan beberapa aspek penilaian dalam proses penganugerahan penghargaan ini. Antara lain keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, dan inovasi kebijakan.

Keberhasilan Tabanan memperoleh APN, menurutnya, tidak terlepas dari inovasi-inovasi dalam perencanaan pembangunan. Beberapa inovasi yang dianggap sebagai nilai tambah dalam penilaian tersebut, di antaranya Keramba Emas (Kreatif Bersama Membangun Ekonomi Masyarakat), Gerbang Indah (Gerakan Pembangunan Infrastruktur Daerah), Gerbang Pangan (Gerakan Pembangunan Pertanian), Gerbang Pariwisata, dan Trans Serasi.

“Pemkab Tabanan setiap tahun melakukan inovasi pembangunan secara tematik dalam RKPD. Seperti Gerbang Pangan dan Gerbang Indah Serasi merupakan hasil Musrenbang 2012, yang merupakan penyusunan RKPD 2013,” jelasnya.

Dalam RKPD 2017 yang bertema Menggerakkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Desa Melalui Pemantapan Sektor Hulu, Pemkab Tabanan meluncurkan tiga program unggulan. Antara lain Gempur Miskin (Gerakan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan, Pertanian, dan Infrastruktur untuk Menanggulangi Kemiskinan) dan Sapa Desa (Sarana Prasarana Desa) yang telah melebur ke dalam Alokasi Dana Desa (ADD), serta Intan (Inovasi Kecamatan) yang bertujuan meningkatkan pelayanan publik di tingkat kecamatan. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News