Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Wajah sungai di Ibu Kota Denpasar semakin berubah. Sungai yang dulunya berwarna hitam, berbau, dan dipenuhi banyak sampah perlahan-lahan mulai dibenahi untuk meninggalkan kesan kotor dan kumuh.

Program penataan sungai yang digencarkan Pemkot Denpasar saat ini telah berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Penataan dan pengembangan daerah aliran sungai sebagai potensi wisata desa juga semakin berkembang dan mulai disinergikan dengan program lainnya salah satunya safari kesehatan.

Seperti yang terlihat pada Minggu (5/3/2017) di areal Tukad Bindu Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur dilaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Totok Cahaya Wajah Gratis yang diprakarsai Pemkot Denpasar bekerjasama dengan Yayasan Tukad Bindu, Komunitas Kali Bersih Tukad Bindu, dan Ghanta Yoga.

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar I.G.N Jaya Negara selama ini sangat concern terhadap penataan daerah aliran sungai melalui program Revitalisasi sungai. Berbagai pengembangan telah dilaksanakan untuk mengangkat potensi – potensi yang ada baik itu potensi Wisata maupun Ekonomi.

Baca Juga :  Hindari Barang Berbahaya Masuk Lapas, Ipda I Nengah Noko Lakukan Koordinasi

Selain itu program revitalisasi sungai juga sebagai metode edukasi bagi generasi muda agar tertarik kembali bermain di alam dan untuk menjaga keseimbangan alam dimana dalam filosofi agama hindu daerah aliran sungai merupakan kawasan suci.

Ketua Yayasan Tukad Bindu, I.B Made Ary Manik ditemui disela- sela acara mengatakan tujuan dilaksanakannya acara ini untuk membantu masyarakat sekitar Tukad Bindu mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan bersih- bersih di areal Tukad, pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat umum dan kegiatan senam bagi para lansia. Selain itu, dalam kegiatan kali ini juga digelar Totok Cahaya Wajah oleh Ghanta Yoga yang bertujuan untuk memperkuat inner beauty .

Lebih lanjut I.B Made Ary Manik menuturkan bahwa program yang dilaksanakan di areal DAM Bindu ini juga merupakan bentuk komitmen masyarakat di areal Tukad Bindu untuk mendukung program revitalisasi sungai yang digalakkan Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I.G.N Jaya Negara.

Baca Juga :  K3S Denpasar dan Polwan Serahkan Kursi Roda Kepada Lansia

“Dalam kegiatan ini secara tak langsung memberikan informasi kepada masyarakat bahwa saat ini areal Tukad Bindu yang telah tertata rapi sangat tepat dijadikan tempat berwisata dan melepas penat bersama keluarga karena telah tersedia berbagai fasilitas penunjang yang lengkap dan memadai seperti rekreasi arung jeram dan jogging track,” ujarnya. (esa/humasdps/bpn)