Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Polsek Marga bersama Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Marga menyelenggarakan pembekalan terhadap para pecalang. Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo TPB Candi Margarana, Marga, Tabanan, Minggu (12/3/2017).

Acara tersebut dihadiri IB Anom dari majelis alit, Kapolsek Marga AKP I Made Gede Widia Adnyana, Bendesa Adat Marga, Bendesa Adat Tua, Kanitbinmas Polsek Marga Ipda I Made Jayem, serta Bhabinkamtibmas Desa Bringkit, Bhabinkamtibmas Desa Tegaljadi, dan para pecalang dari masing-masing desa adat tiga orang.

Ketua Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Marga, IB Anom, menyampaikan kepada para pecalang agar tetap menjaga nama baik pecalang. Lebih dari itu juga dapat memahami fungsi dan tugas pecalang.

Sementara Kopolsek Widia mengatakan, situasi wilayah Marga secara umum relatif kondusif, aman, dan nihil kejadian yang menojol. Kepada para pecalang, diminta agar selalu koordinasi dengan kepolisian. “Para pecalang diharapkan mengetahui fungsi dan tugas dari pecalang,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sambut Kedatangan Pangdam IX Udayana

Tim Polsek Marga yang diwakili Bhabinkamtibmas Desa Beringkit, Aiptu I Made Sudana, menyampaikan beberapa hal. Antara lain tentang tugas-tugas pecalang. “Pecalang berada di bawah struktur desa adat. Pecalang merupakan kemanan dari desa adat. Pecalang merupakan kaki-tangan dan rekan atau partner kerja kepolisian di tingkat desa adat pakraman, yang bertugas menjaga keamanan di desa adat, terkait tri hitakarana,” bebernya.

Selain itu pecalang diharapkan menjaga nama baik pecalang itu sendiri, dan nama baik Bali pada umumnya. Tugas pelacalang diharapkan dapat ikut mengamankan kegiatan yang berkaitan dengan parahiyangan, dan lain-lain. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News