BALIPORTALNEWS.COM – Hasil try out US SD yang digelar Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, didapati nilai rata-rata hasil belajar mereka masih belum memuaskan.

“Dari rekap hasil seluruh SD/MI se-Kota Denpasar, kami dapati nilai rata-rata nilai try out US sebesar 33,16. Dari lima mata pelajaran yang diujikan, rincian rata-rata try out US mata pelajaran bahasa Indonesia (6,66), Matematika (5,72), IPA (6,00), PKn (7,06) dan IPS (7,72). Sementara, jumlah siswa kelas VI SD/MI yang mengikuti try out US adalah 13.889 siswa,”  kata Kabid Pembinaan Pendidikan SD Disdikpora Kota Denpasar, Ketut Sudana, Kamis (30/3/2017).

Sudana menyebutkab, evaluasi hasil try out, terutama pelajaran Matematika dan IPA rata-rata nilai siswa belum memuaskan. Ini dialami siswa di hampir empat kecamatan.

Baca Juga :  Penerapan Hari Pertama PPKM di Bali, Pangdam IX/Udayana Bagikan 1.500 Masker ke Masyarakat  

Meski nilai rata-rata masih rendah, sebut Sudana, secara individu didapati nilai 10,00 mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS. Sementara nilai terendah mata pelajaran Matematika 0,75, IPA 1,25 dan IPS 2,20. Jika dipresentasekan, nilai try out siswa di bawah 6,00 adalah sebesar 30,74 persen. Sisanya, 69,26 persen, merupakan nilai di atas 6,00 untuk semua mapel.

Sudana menambahkan, hasil try out ini akan segera didistribusikan ke masing-masing SD melalui UPT Disdikpora Kecamatan. Ia menegaskan, hasil try out ini wajib menjadi bahan evaluasi sekolah, teruma pelajaran Matematika dan IPA.

Sudana juga mengimbau agar sekolah terpacu dan dimotivasi sehingga bisa mengantisipasi jika kemampuan belajar siswa masih kurang. Menurutnya, pihak pengawas dan guru di semua kecamatan harus tahu SD dan siswa mana saja yang nilainya perlu ditingkatkan.

Baca Juga :  Gubernur Koster Ambil Jalan Tengah dalam Penerapan PPKM

‘’Tiap kecamatan harus menganalisa soal, mana yang masih lemah diperdalam lagi dan dibahas lebih baik,’’ tegas pejabat asal Peguyangan ini. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :