Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melepas kontingen Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XV Kabupaten Badung, Kamis (23/3) kemarin di Ruang Kriya Gosana Puspem Kabupaten Badung. Turut hadir Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dan Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Badung Ida Ayu Yutri Indahgustari

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) harus mampu menjadi motor penggerak pertanian di Kabupaten Badung. “Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ini juga merupakan duta dalam melaksanakan program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) ” Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai komitmen yang kuat untuk membantu petani di Kabupaten Badung, ini tertuang dalam PPNSB dimana hulunya dibantu dengan permodalan serta pelatihan, tengahnya dengan tekologi dan hilirnya dibantu dalam pemasarannya,” ungkapnya

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

Lebih lanjut Giri Prasta menekankan, para duta PENAS Kabupaten Badung harus mampu menunjukkan jatidiri sebagai duta Badung sehingga kedepannya  mampu memberikan masukan-masukan serta solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh kelompoknya yang ujungnya dapat mensejahterakan kelompoknya.

“Duta PENAS agar mampu menyerap ilmu dalam pelaksanaan PENAS XV sehingga dapat meningkatkan pengetahuan serta ketrampilannya  yang dapat diterapkan kepada kelompoknya dan masyarakat di wilayahnya sehingga terwujud ketahanan pangan,” pesannya.

Sementara itu Kepala Bagian Sumber Daya Alam Ida Ayu Yutri Indahgustari melaporkan, pelaksanaan PENAS ke XV tahun 2017 akan dipusatkan di desa Lhong Raya, kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh  selama 6 hari mulai tanggal 6 s/d 11 Mei 2017.

“Peserta PENAS kabupaten Badung sebanyak 30 orang peserta yang diambil dari kalangan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang ada di 6 kecamatan di kabupaten Badung dan 10 orang sebagai pendamping.  Untuk kontingen Kab Badung ada 2 jenis lomba yang akan diikuti yaitu, Lomba asah terampil dan lomba Gerak gita Nusantara,” lapornya.

Baca Juga :  Sambut Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai Hentikan Sementara Operasional

Adapun tema dari PENAS XV adalah “Melalui PENAS Petani Nelayan XV 2017 kita mantapkan kelembagaan tani Nelayan dan petani hutan sebagai mitra kerja Pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan Indonesia”. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News