Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kabid Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. Ketut Sudana, mengatakan, tingkat kehadiran peserta try out SD cukup tinggi. Yakni, sebesar 99,87 persen dari total jumlah peserta ujian sebanyak 13.898 siswa dari 230 sekolah.

“Hingga hari terakhir try out untuk lima mata pelajaran yang diujikan, siswa yang tidak hadir hanya 18 orang. Sebagian besar dari siswa yang tidak bisa mengikuti try out ini karena sakit,’’ terang Ketut Sudana, Kamis (16/3/2017).

Baca Juga :  Jaya Negara Pimpin Rakor Evaluasi Triwulan III

Secara umum, Ketut Sudana menjelaskan pelaksanaan ujian pemantapan selama empat hari ini berjalan dengan lancar dan tidak ada permasalahan berarti. Begitu juga siswa tampak semangat dan antusias mengerjakan soal.

Bercermin dari pelaksanaan ujian pemantapan ini, diyakini siswa SD di Kota Denpasar sudah benar-benar siap menghadapi ujian sekolah. “Ujian pemantapan ini menjadi cerminan bagaimana kesiapan siswa menghadapi ujian sekolah dan kami yakin siswa SD di Kota Denpasar sudah siap,” tegasnya.

Ketut Sudana mengungkapkan, try out ini diadakan, sebagai parameter untuk mengukur atau menguji kesiapan menghadapi ujian sekolah yang sesungguhnya nanti. Menurut Ketut Sudana, mata pelajaran yang di-try out-kan, disesuaikan dengan materi ujian sekolah yakni bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Baca Juga :  ST Mekar Jaya Edukasi Lingkungan, Tukar Sampah dengan Beras

Ditambahkannya, tindak lanjut dari kegiatan ini adalah analisis hasil untuk mengetahui standar kompetensi yang dikuasai siswanya.

Berdasarkan analisis tersebut, sebut Ketut Sudana, guru dapat melakukan pendalaman materi pada pembahasan yang dinilai masih belum dikuasai siswa. Dengan harapan, seluruh siswa mendapatkan nilai tinggi. “Selain mengasah mata pelajaran, try out ini juga tempat latihan mental menghadapi ujian sekolah nanti. Jadi saat ujian, siswa tidak grogi dan was-was lagi,” terangnya. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :