Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional Denpasar (disingkat dengan STPBI) bernaung di bawah Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar. STPBI merupakan hasil pengembangan dari Sekolah Perhotelan Bali (disingkat dengan SPB) yang juga bernaung di bawah Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar.

Sejak tahun 2012 Manajemen STPBI dan SPB sudah melepas sejumlah mahasiswa untuk program On the Job Training (OJT) dengan visa J1 yang dilaksanakan di hotel berbintang lima yang tersebar di USA. Progam magang tersebut menggunakan visa J1 yang merupakan visa pertukaran budaya yang berlaku selama enam sampai dengan 12 bulan. Tujuan perolehan visa jenis J-1 ini adalah untuk peningkatan karir kandidat, dengan mendapatkan pengalaman hands-on di hotel berbintang di Amerika Serikat, selain meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam berkomunikasi. Dan visa J-1 bukanlah visa kerja. Melalui lembaga rekrutmen, PT. Bali Duta Mandiri (BDM), pemerintah USA memberikan kesempatan sampai dengan 400 mahasiswa per tahun untuk mengikuti program training di hotel berbintang di Amerika Serikat. Beberapa hotel yang sudah bekerja sama dengan PT. BDM diantaranya adalah The Setai Miami, Four Seasons Resort Jackson Hole, Four Seasons Resort Vail, St. Regis Aspen, St. Regis Bal Harbour, St. Regis Deer Valley, Aramark Property, Westin Snowmass, dan lain-lainnya.

Kepada para mahasiswa yang akan berangkat tersebut, Ketua STPBI, I Made Sudjana, SE., MM., CHT., CHA, mengatakan tujuan ke Amerika adalah untuk belajar serta meningkatkan kemampuan ketrampilan yang sudah pernah dipelajari dan dilakukan di kampus baik secara teori maupun praktek di laboratorium praktek yang telah disediakan di kampus. Lebih lanjut dikatakan para mahasiswa akan dapat pengalaman internasional dimana mereka akan bekerja dengan orang-orang yang berasal dari berbagai negara. Situasi dan kondisi ini tidak pernah didapat jika mereka melaksanakan on the job training di Bali dan bukan semata-mata untuk mencari upah.

Menurut Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHT., CHA., selaku Direktur Utama PT. Bali Duta Mandiri (BDM), yang memproses penempatan dengan pemberangkatan para mahasiswa tersebut mengatakan mulai tahun 2010 sampai saat ini telah berhasil menempatkan sejumlah kurang lebih 600 orang mahasiswa (Perhotelan/Hospitality) melaksanakan OJT di sejumlah hotel berbintang lima yang tersebar di sejumlah negara bagian di Amerika seperti Hotel Greenbrier, Bar Harbor, The Westin, The Sagamore, Four Season, Grand Hotel, St. Regis Miami, The Setai, Hyatt Hotel, St. Regis Bal Harbour, Aramark, dan lain-lain.

Bagi para mahasiswa perhotelan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik atau bagi para mahasiswa jurusan bahasa Inggris yang memiliki sedikit latar belakang perhotelan bisa mendaftar di PT. Bali Duta Mandiri, yang beralamat di kampus STPBI, Jl. Kecak no. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar, jika ingin melaksanakan on the job training di Amerika.

uatu kehormatan bagi Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional di kancah pariwisata dunia didaulat sebagai tuan rumah Konferensi untuk Asia Pacific Council on Hotel, Restaurant and Institutional Education (APacCHRIE) yang ke 15 di tahun 2017 mendatang. APacCHRIE merupakan anggota dari organisasi global perhotelan dan pariwisata International Council on Hotel, Restaurant and Institutional Education (I-CHRIE), yang setiap tahunnya melaksanakan konferensi internasional dalam bidang hotel, restoran, serta pendidikan pariwisata dan perhotelan.

STPBI sebagai institusi penyelenggara, tercatat menjadi anggota APacCHRIE sejak 2015. Kenggotaan tersebut membuka akses kerjasama bagi STPBI dengan institusi perhotelan, restoran dan pendidikan pariwisata di wilayah Asia Pasifik. Disamping itu keanggotaan ini juga memberi peluang untuk menjalin kerjasama dengan partner APacCHRIE seperti STR Share, AHLEI, dan THE ICE.

APacCHRIE merupakan anggota dari organisasi global perhotelan dan pariwisata International Council on Hotel, Restaurant and Institutional Education (I-CHRIE), yang setiap tahunnya melaksanakan konferensi internasional dalam bidang hotel, restoran, serta pendidikan pariwisata dan perhotelan.

Ajang konferensi bergengsi ini sangat mendukung eksistensi dan perkembangan pariwisata sebagai suatu rumpun ilmu yang mandiri sejak tahun 2008. Konferensi APacCHRIE ini akan mendorong para peneliti muda Indonesia dan dunia untuk terus berkarya. Konferensi ini akan dihadiri oleh 400 peserta dari berbagai kalangan (praktisi dan akademisi) dan berbagai negara di belahan Asia Pasifik. Indonesia sangat bangga telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan konferensi pariwisata tingkat Asia Pasifik. Kegiatan Konferensi Pendidikan Perhotelan dan Pariwisata se-Asia Pasifik (APacCHRIE) tahun 2017 akan dilaksanakan dari tanggal 31 Mei – 2 Juni 2017 di Sofitel Resort and Spa dan di STPBI untuk kegiatan Youth Conference.

Selain itu, bagi para calon mahasiswa STPBI, pendaftaran untuk mahasiswa baru sudah mulai dan mahasiswa dapat langsung melakukan pendaftaran ke kampus kami di Jl. Kecak No. 12 ataupun mendaftar secara online melalui website kampus kami di www.stpbi.ac.id. (r/bpn)

loading...