Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Perhelatan Sanur Village Festival XII tahun 2017 (SVF 2017) yang akan digelar 9-13 Agustus 2017 bakal menghadirkan kemasan festival penyadaran dengan turut serta membumikan, menggelorakan dan menebarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Ketua Umum SVF Ida Bagus Gde Sidharta Putra, mengatakan akhir-akhir ini, berbagai kenyataan pahit di negeri yang kita cintai telah menggerakkan elemen anak bangsa untuk semakin mengakui perbedaan dalam bingkai kesatuan jiwa Indonesia. Namun, atas segala kondisi itu tidaklah berarti kita harus diam dan membiarkan secara pelan-pelan maupun cepat terjadinya ketidakharmonisan kerukunan berbangsa. SVF sangat merasakannya, dan sebagai festival yang telah membingkai tema dasar “The new spirit of heritage”, maka Bhinneka Tunggal Ika adalah bagian penting sebagai gerakan moral yang patut dan wajib dikumandangkan secara terus menerus.

“Mengumandangkan kembali makna Bhineka Tunggal Ika adalah upaya kesadaran berbangsa. Maraknya kebencian dan kekasaran dalam dunia maya maupun dunia nyata membuat banyak pihak tidak tinggal diam. Kebencian dan kekasaran itu telah nyata-nyata mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. SVF dengan program-programnya berupaya menciptakan “festival kesadaran” dengan turut menebarkan pesan-pesan kebaikan bagi persatuan dan kesatuan yang ber-bhinneka Tunggal Ika.

SVF 2017 dalam perjalanannya selalu mengedepankan keanekaragaman budaya dalam setiap program-programmnya. Hadirnya duta-duta seni dan budaya dari berbagai pelosok pulau di Indonesia membuktikan bahwa masyarakat Sanur sangat terbuka bagi seluruh warga Indonesia. Kenyataan ini juga didukung hadirnya warga dunia yang selalu tampil turut menyemarakkan setiap perhelatan SVF. Makna Bhinneka Tunggal Ika sangat relevan sebagai isu penting yang harus dijaga dan terus didengungkan. SVF selalu melihat kembali setiap perjalanannya sebagai bagian interopeksi. Bhinneka Tungal Ika yang telah dicanangkan sebagai tema besar festival kiranya dapat pula dimaknai secara khusus sebagai wujud bagian cinta tanah air dan bangsa”, katanya.

Baca Juga :  Selama Arus Mudik Jatimbalinus, Pertamina Catat Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3 Persen

SVF 2017 dalam programnya akan meletakkan semangat persatuan atau nasionalisme kebangsaan dalam sebentuk simbolisme, imej, citra maupun pesan sesuai konteks yang akan diusung. Oleh karena itu SVF akan mengimplementasikan semangat kebangsaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dalam garapan program event. Masyarakat luas yang mengunjungi SVF 2017 nantinya diharapkan menjadi bagian yang terintegrasi bagi upaya pembangunan kesadaran yang diciptakan.

Menurut Gusde, sapaan akrab Sidharta Putra, seperti festival sebelumnya, selain musik, panggung utama juga menampilkan berbagai atraksi seni budaya dan sajian lain yang bakal menghibur pengunjung festival sambil menikmati aneka makanan dan minuman dari food bazar. Kesemua rancangan program dikemas dalam nuansa Indonesia.

Baca Juga :  THR ASN di Pemkot Denpasar Sudah Cair Sejak 26 Maret Lalu, Momentum Dorong Pertumbuhan Konsumsi Masyarakat

Gusde mengatakan festival kedua belas ini kembali merangkul berbagai komponen masyarakat untuk merayakan keberagaman warga melalui tema “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengandung semangat kesatuan dalam perbedaan.

Dia berharap seluruh warga masyarakat bisa ikut berperan membumikan Bhinneka Tunggal Ika dalam suatu kesetaraan egaliter mengakui bahwa Bangsa Indonesia ini terdiri dari banyak perbedaan, baik suku, agama, bahasa, maupun adat-istiadat. Melalui saling menghargai perbedaan dari masing-masing pribadi di masyarakat, niscaya akan tercipta ketentraman dan kedamaian. Selain itu, tentu dengan kondisi toleransi yang terbangun tersebut, bisa lebih mengokohkan persatuan, kesatuan, kebersamaan dan gotong royong membangun suasana dan lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga :  Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Sinergi Dishub Denpasar Siapkan Pos Terpadu, Cek Kesehatan Sopir dan Angkutan

“Kebersamaan dan kegembiraan mengakui perbedaan itu di antaranya tercermin dari panggung hiburan yang disaksikan ribuan penonton. Oleh karena itu kami selalu berupaya menampilkan hiburan yang terbaik,” kata Gusde. Hiburan atau tampilan program SVF ke-12 diharapkan juga dapat menyentuh dan menyuarakan pentingnya ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Lebih lanjut menurut Gusde yang juga sebagai Ketua PHRI dan Badan Promosi Pariwisata Kota Denpasar, SVF kini bukan hanya milik warga Sanur, melainkan telah menjadi kebanggaan bersama yang mendukung promosi pariwisata secara kolosal. Publikasi SVF telah memiliki gaung nasional dan internasional serta menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara di samping warga Denpasar dan sekitarnya. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News