Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara di ajang Mathematics ITS Calculus Competition (MISSION). Beranggotakan Mu’amar Musa N (Matematika) dan Dhani Natanael (Teknik Elektro), mereka sukses menyabet gelar juara pertama dalam kegiatan yang berlangsung pada 19 Februari 2016 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Mu’amar menyebutkan kompetisi MISSION diikuti sebanyak 110 tim dari berbagai perguruan tinggi di lima regional yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, serta Balikpapan. Seluruh tim beradu dalam kompetisi di masing-masing regional dalam babak penyisihan. Selanjutnya 15 tim terbaik dari seluruh regional diambil untuk maju ke babak final di Surabaya.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta, Pelajari Program Penitipan Anak Bagi Orang Tua Pekerja

“Perjuangan menyabet gelar juara tidaklah mudah karena harus bersaing dengan tim-tim tangguh lainnya yang tidak sedikit diantaranya peraih medali di Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) dan Olimpiade tingkat internasional,”jelasnya, Senin (27/2/2017).

Dalam babak penyisihan seluruh tim diminta mengerjakan 40 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat terkait kalkulus, analisis real, analisis kompleks. Selanjutnya di final mengerjakan 2 uraian soal uraian terkait analisis real dan matematika terapan.

“Ada 5 tim UGM yang berhasil masuk ke final dan bersyukur salah satunya berhasil menyabet juara,”tuturnya.

Mu’amar menyebutkan keberhasilan mereka tidak lepas dari usaha dan latihan secara kontinu yang dijalani selama 1 bulan. Delegasi UGM menjalani persiapan dan pelatihan dibantu oleh komunitas ON-MIPA UGM dan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) dan dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan UGM.

Baca Juga :  PLN Imbau Waspadai Pungli dan Cermati Informasi Rekrutmen Bersama BUMN

“Bangga bisa menyumbangkan prestasi dan semoga kedepan bisa berkontribusi lebih banyak lagi dalam mengharumkan nama UGM di berbagai kompetisi,” katanya. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News