BALIPORTALNEWS.COM – Kapolsek Pupuan AKP Ida Bagus Mahendra mengoptimalkan peran bhabinkamtibmas di masing-masing desa, agar tetap waspada terhadap kemungkinan segala bentuk gangguan yang terjadi. “Kewaspadaan terus ditingkatkan, termasuk mengoptimalkan peran bhabinkamtibmas,” ungkapnya, Kamis (23/2/2017).

Kemungkinan apapun bisa saja terjadi. Menurutnya, Pupuan yang selama ini dianggap aman dan kondusif bisa saja dijadikan tempat persembunyian dan transit bagi peredaran barang berbahaya seperti narkoba, bahkan sebagai tempat persembunyian bagi kelompok militan dan teroris.

“Para bhabinkamtibmas agar tidak terlena dengan situasi aman selama ini. Kami mewajibkan para bhabinkamtibmas juga memberdayakan pecalang ataupun linmas yang ada di masing-masing desa, yang secara berkelanjutan melaksanakan sidak duktang (penduduk pendatang) yang masuk ke wilayah Kecamatan Pupuan, baik yang menetap untuk waktu singkat maupun lama,” ujarnya.

Dalam melaks kegiatan sidak, lanjutnya, anggota bhabinkamtibmas bisa langsung bergerak menurut waktu yang sudah ditentukan. “Tanpa harus menunggu perintah pimpinan di polsek,” tukasnya.

Seperti yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Desa Sanda, Aiptu Nengah Suarja, yang melaksanakan sidak terhadap duktang di Banjar Paka, Kamis (23/2) kemarin. Bersama Kadus Paka, I Wayan Sudianto, melaksanakan pemeriksaan duktang yang rata-rata sebagai buruh bangunan toko.

Baca Juga :  Ketua KBPP Polri 03 Cabang Tabanan Bersilaturahmi ke Polres Tabanan

Petugas memeriksa lima orang asal Jember, Jawa Timur, yang ber-KTP lengkap. Selanjutnya, KTP duktang tersebut dibawa Kadus Paka ke kantor desa, guna didatakan dan dibuatkan KIPS. Bhabinkamtbmas setempat pun mengimbau agar para duktang tersebut senantiasa mematuhi awig/perarem di Desa Sanda, sehingga tidak menimbulkan permasalahan dengan masyarakat setempat. (ita/bpn)